Hujan Deras Sapu Kabut Asap Dumai

id hujan deras, sapu kabut, asap dumai

Dumai, 8/4 (ANTARA) - Hujan deras yang turun merata di sejumlah wilayah Kota Dumai, Riau, berhasil menyapu kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti kota dalam sepekan terakhir, kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup setempat, H Basri.

"Pantauan kami secara kasat mata, udara saat ini jauh lebih baik dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Kondisi ini disebabkan hujan deras yang turun merata di Kota Dumai sejak dini hari sampai sekarang (pukul 09.20 WIB, red)," kata H Basri, kepada ANTARA di Dumai, Jumat.

Ia menjelaskan, hujan lebat yang turun secara tidak langsung memecahkan tumpukan awan dan asap yang turun bersama embun pagi.

Pemisahan unsur asap dan udara tersebut menurut Basri yang membuat kualitas udara di Dumai terus membaik.

"Kita harapkan, hujan masih akan turun dalam beberapa hari ke depan, sehingga sejumlah lahan dan hutan yang terbakar dapat padam secara tuntas dan tidak lagi menyisakan asap yang tentunya sangat mengganggu kesehatan manusia," jelasnya.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau di Pekanbaru memprediksi hari ini hingga beberapa hari ke depan sebagian besar wilayah tersebut, termasuk Kota Dumai masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Petugas analisis BMKG Riau, Warih Budi Lestari mengatakan, saat ini arah angin dari laut China Selatan dan perairan Malaka berhembus cukup kencang ke wilayah-wilayah di Sumatera termasuk Riau.

"Kondisi ini yang merangsang percepatan bertumbuhan awan hitam di sebagian besar daratan Riau termasuk Dumai," jelasnya.

Potensi hujan ringan hingga sedang ini, kata dia, sangat berpeluang terjadi pada sore dan malam hari, hal itu disebabkan proses kemunculan awan hitam biasanya cukup pesat pada jam-jam sore dan malam hari.

"Namun tidak menutup kemungkinan jika hujan juga akan terjadi pada dini hari hingga pagi hari akibat arah angin di daratan yang tidak menentu," imbuhnya.