Pakar eksplorasi dan psikolog Chevron berbagi ilmu ke mahasiswa UIR

id Chevron,PT CPI,Migas Center, SKK Migas, minyak riau

Pakar eksplorasi dan psikolog Chevron berbagi ilmu ke mahasiswa UIR

Caption foto 1: Penandatanganan MOU Pembangunan Tahap II Migas Center UIR oleh Rektor UIR, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH. MCL. dan General Manager Corporate Affairs Asset PT CPI, Sukamto Tamrin pada (5/2). (ANTARA/HO-PT CPI)

 Pekanbaru (ANTARA) - Migas Center Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengadakan kegiatan berbagi ilmu yang merupakan ajang berbagai pengetahuan, berupa hardskill serta softskill dan pengalaman langsung dari ahlinya kepada mahasiswa.

"Setiap dua minggu sekali kami mengadakan Migas CenterBerbagi Ilmu dengan mengundang praktisi atau narasumber dari SKK Migas atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya di Riau," kata Koordinator Migas Center Fitriantidi Pekanbaru, Selasa.

Dikatakannya, bahwa yang dimaksud hardskill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan teknis yang berkaitan bidang minyak dan gas bumi. Sedangkan softskill adalah ketrampilan yang berhubungan dengan orang lain (interpersonal skill) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intra-personal skill).

"Materi yang akan diberikan antara lain pemboran, produksi dan operasi migas, keselamatan dan kesehatan kerja, teknologi enhance oil recovery, petrofisika, alur kerja dan peran pemerintah dalam mengelola wilayah kerja migas, teknik presentasi, public speaking dan lain-lain,"kata Fitri yang juga dosen Fakultas Tehnik Perminyakan UIR.

Materi Migas Center berbagi ilmu pada 24 Februari kemarin berjudul Pengantar Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi oleh Budi Setiawan, Manager Eksplorasi PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), sedangkan materi kedua adalah Teknik Wawancara dan membuat CV yang baik oleh Sri Aisyah Jumiati, Psikolog dan Human Resources PT CPI.

"Mahasiswa UIR dapat mendaftar melalui google form yang dikelola oleh Riau Oil & Gas Community (ROGC).ROGC adalah komunitas mahasiswa UIR yang turut berkontribusi mengelola dan memajukan Migas Center," lanjut Fitri.

Baca juga: Chevron diminta maksimalkan SDM lokal atasi limbah

Sementara itu, Budi Setiawan salah satu yang berpengalaman bekerja di migas selama 26 tahun di Indonesia dan negara lain, menjelaskan tahapan-tahapan pokok eksplorasi minyak dan gas bumi yang mencakup studi regional, akuisisi wilayah kerja, pemrosesan data, interpretasi & identifikasi prospek sampai pembuktian adanya cadangan minyak dan gas bumi yang komersial.

Tahapan eksplorasi migas memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 10 tahun, 5-10 tahun untuk komersialisasi dan 20 tahun produksi. Pada kesempatan ini Budi juga menyampaikan bahwa tenaga kerja yang diperlukan di dunia migas tidak hanya dari jurusan tehnik perminyakan dan geologi.

"Ilmu-ilmu dasar yang diperlukan di dunia migas antara lain matematika, pengetahuan alam, computer, instrumentasi, elektro, mesin dan lain-lain," kata Budi.

Sri Aisyah, yang sudah bekerja di PT CPI selama 15 tahun,berbagi pengalaman ketika mewawancarai calon pegawai. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat wawancara antara lain penampilan,ekspresi wajah,sikap,datang tepat waktu,memperkenalkan diri,menjawab pertanyaan dengan mengulang kembali pertanyaan, jika diberi kesempatan bertanya dimulai dengan pertanyaan yang ringan, memperlihatkan antusias ingin bekerja, dan ucapan terima kasih.

"CV harus menggambarkan riwayat kehidupan dan sistematis, diawali biodata, pendidikan, pengalaman kerja, penghargaan, organisasi dan keahlian,” kata Aisyah.

Terkait maraknya berita bohong penerimaan pegawai, Sri Aisyah menjelaskan bahwa PT CPI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar ataupun menunjuk biro perjalanan, perwakilan ataupun individu tertentu untuk melakukan pemesanan ataupun menerima pembayaran dalam bentuk apapun atas nama PT CPI, baik untuk transportasi darat, laut, maupun udara selama proses penerimaan karyawan berlangsung. Informasi resmi lowongan pekerjaan karyawan Chevron Indonesia hanya diumumkan melalui website www.indonesia.chevron.com atau email dengan domain “@chevron.com”.

Baca juga: PT CPI sumbang peralatan pantau kawanan gajah Sumatera

Baca juga: Chevron sumbang 2.000 paket perlengkapan sekolah anak Suku Sakai