Batal demo ke PT SIR, PP Siak ajukan hearing ke DPRD

id pemuda pancasila, PP Siak, pemuda pancasila siak,PT SIR

Batal demo ke PT SIR, PP Siak ajukan hearing ke DPRD

Sejumlah pengurus dan anggota MPC PP Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Siak membatalkan rencana demonstrasi yang kedua kalinya ke Perusahaan Perkebunan Sawit PT Surya Intisari Raya (SIR), namun tetap akan melakukan upaya hukum lain terkait tuntutannya.

"Karena mengingat dan menimbang kita dalam situasi dan kondisi akan menyambut tahun politik yang menginginkan situasi yang kondusif. Tetapi dalam hal ini kita tetap melakukan upaya-upaya hukum," kata Wakil Ketua I MPC PP Siak, Supriadi, Senin.

Sebelumnya pada Jumat (10/01) lalu puluhan anggota PP melakukan aksi damai ke PT SIR yang beroperasi di Kecamatan Sungai Mandau tersebut.PP soal ketenagakerjaan terkait penempatan tenaga kerja lokal yang tidak terealisasi.

Kemudian terkait kemitraan jasa dan angkutan perusahaan sawit yang luasnya sekitar 2 ribuan hektare lebih ini. Lalu PT SIR dinilainya juga belum melaksanakan tanggungjawab sosial lingkungan berupa fasilitas umum seperti jalan.

Supriadi mengatakan upaya hukum yang dilakukan pihaknya di antaranya juga menyurati DPRD Siak untuk dilakukan hearingatau rapat dengarpendapat. Juga menyurati kementerian yang berkaitan dengan aturan-aturan perkebunan.

Dia menegaskan tetap akan mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam langkah langkah menyampaikan aspirasi dan pendapat di muka umum. Karena katanya sebagai pemuda pancasila selalu mengedepankan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Kami dalam melakukan aksi tetap menampilkan sisi intelektualitas dalam setiap tindakan. Maka dari itu tindakan tindakan yang bertentangan dengan hukum bukanlah tindakan pemuda pancasila. Sekali layar terkembang surut kita berpantang," sebutnya.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia MPC PP Siak, Deddy menambahkan pihaknya sudah melakukan upayamengajukan rapat dengar pendapat (bearing) ke DPRD Siak. Surat permintaan sudah disampaikan Senin ini, 13 Januari 2020.

"Kami tetap kedepankan cara-cara penyelesaian permasalahandengan musyawarah dan mufakat. PemudaPancasila itu smart dan intelektual, itu yang harus kami kedepankan dalam hadapi segala permasalahan," ujar Deddy yang juga Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Siak ini.

Baca juga: Pemuda Pancasila Sungai Mandau ancam demo PT SIR tiga hari tiga malam. Kok bisa?

Baca juga: Jalan Okura-Perawang Via PT SIR Terealisasi, Durasinya 30 Menit Saja


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar