Haji - Biaya Domestik Calon Haji Inhu Rp 3,69 Juta

id haji -, biaya domestik, calon haji, inhu rp, 369 juta

Rengat, 22/9 (ANTARA)- Kepala Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Abdul Kadir mengatakan, pihaknya sudah menetapkan biaya domestik bagi calon haji dari Rengat menuju embarkasi Batam sebesar Rp3,69 juta.

"Biaya tersebut digunakan untuk ongkos perjalanan calon haji dari Rengat menuju Batam. Dari Rengat ke Pekanbaru menggunakan bus, kemudian dilanjutkan ke Batam dengan menaiki pesawat carteran," katanya di Rengat, Riau, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah menjelaskan tentang hal itu kepada calon jemaah. Meski demikian, lanjut dia, pihaknya juga mempersilahkan calon haji yang ingin berangkat sendiri ke Batam.

"Namun dengan catatan, harus membuat pernyataan terlebih dahulu," kata dia.

Tingginya biaya domestik itu, sempat dikeluhkan Masnur, salah seorang calon haji asal Inhu.

"Biaya yang dikeluarkan mencapai Rp3,69 juta. Padahal, kalau berangkat sendiri tidak sampai sebanyak itu, paling hanya habis sebesar Rp600 ribu," ujarnya.

Ia menambahkan, seharusnya dengan menggunakan pesawat carteran, biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih murah.

Masnur mengharapkan pihak Kementerian Agama tidak mencari atau memanfaatkan kesempatan untuk mengambil untung dalam hal ini.

Kepala Bidang Haji, Wakaf dan Umrah Kementerian Agama Riau, A Jalaludin, mengatakan penetapan biaya domestik jangan sampai memberatkan calon haji.

"Jangan sampai memberatkan, bahkan sedapat mungkin harus meringankan biaya yang harus dikeluarkan para calon haji," ucapnya menambahkan.