Wakil Wa;i Kota: Dana PDAM Rp 5 M Segera Cair

id wakil wai, kota dana, pdam rp, 5 m, segera cair

Pekanbaru, 31/8(ANTARA) - Dana bantuan untuk PDAM Tirta Siak yang telah dianggarkan di APBD Kota Pekanbaru 2010 sebesar Rp5 miliar akan dicairkan setelah berakhirnya hubungan kerjasama antara perusahaan itu dengan PT Karta Tirta Dharma Pangada (KTDP).

Wakil Walikota Erizal Muluk di Pekanbaru, Selasa mengatakan, penambahan modal PDAM itu sebelumnya sudah disetujui DPRD Pekanbaru.

"Kesepakatan sudah jelas, tinggal menunggu mekanismenya saja. Jika sudah putus atau berakhir hubungan kerja antara PDAM dan PT KTDP, tentu PDAM kembali jadi milik Pemko Pekanbaru dan subsidi sebesar Rp5 miliar sudah bisa dicairkan," jelasnya.

Dia mengatakan, dana subsidi Rp5 miliar yang telah dianggarkan dalam APBD murni 2010 tersebut akan direalisasikan sesuai dengan kebutuhan PDAM antara lain untuk memperbaiki kerusakan sejumlah infrastruktur.

"Kami dan dewan sepakat jika suntikan dana ini segera dicairkan. Mengingat, subsidi ini baru yang pertama kali diberikan. Jadi wajar subsidi ini kami berikan untuk kemajuan perusahaan air minum milik pemerintah daerah," urai Erizal.

Menurut Dia, dengan adanya putusan kontrak tersebut,Pemko berharap kepada PDAM ke depan agar bisa berdiri sendiri dalam penyediaan air bersih di Kota Pekanbaru.

Pemko Pekanbaru akan tetap melakukan pemantauan kinerja PDAM hingga betul-betul berkembang dan maksimal dalam melayani konsumen.

"Kalaupun ada keinginan Pemko Pekanbaru nanti menggandeng investor, Kami berharap peristiwa yang ada dapat dijadikan pengalaman," ujar tegasnya.

Dia juga menambahkan, kesepakatan untuk menambahkan penyertaan modal selain yang Rp5 miliyar juga sudah direncanakan .

"Tahun 2011 direncanakan akan ada lagi penambahan modal untuk PDAM. Namun soal besaran belum diketahui karena belum dilakukan pembahasan dengan Pemerintah Pusat dan Pemprov Riau,," tambahnya.