KSOP Dumai Jalankan Instruksi Padat Karya Kemenhub

id Ksop dumai, dumai

KSOP Dumai Jalankan Instruksi Padat Karya Kemenhub

Arsip foto. Kapal tanker berbendera asing memuat minyak kelapa sawit (crude palm oil) di pelabuhan PT. Pelindo I Dumai di kota Dumai, Riau, Kamis (31/1/2019).

Dumai, (Antaranews Riau) - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai menjalankan instruksi Kementerian Perhubungan RI agar melaksanakan program padat karya bersih bersih lingkungan perkantoran dengan melibatkan puluhan masyarakat setempat dan pekerja.

Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot mengatakan, aksi bersih bersih perkantoran digelar pada awal Februari 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan perekonomian daerah.

"Pelibatan masyarakat setempat dalam aksi padat karya ini sesuai intruksi pimpinan agar ada kontribusi mewujudkan penyerapan kerja di lingkungan sekitar," kata Sanggam, Senin.

Baca juga: Pelayaran di Dumai Waspadai Gangguan Kabut Asap

Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam padat karya ini, selain pembersihan lingkungan dengan pengangkatan sampah berserak, baik di areal kantor maupun drainase agar tidak tersumbat dan jalan air lancar, juga dengan pengecatan pagar.

Program padat karya ini merupakan kegiatan rutin untuk memberdayakan masyarakat sekitar kantor dan bentuk dukungan dan kontribusi terhadap program pemerintah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ekonomi kecil.

Selain gotong royong dalam padat karya ini, pelibatan masyarakat juga bentuk sinergitas KSOP Dumai dari sisi keamanan dan keselamatan pengguna transportasi air di wilayah kerja institusi kesyahbandaran melalui pendidikan dan pelatihan gratis dikerjasamakan dengan lembaga pendidikan Kementerian Perrhubungan RI.

"Program padat karya ini diikuti antusias warga sekitar dan dibebankan dari anggaran pemeliharaan kantor tahun 2019 dan akan diadakan rutin kedepan dengan kegiatan lain," ujarnya.

Baca juga: KSOP Dumai Sosialisasikan Kepelabuhanan Wujudkan Keselamatan Berlayar

Kepala Bidang Tata Usaha KSOP Dumai Rusdi Effendi menambahkan, sekitar 30 orang tenaga kerja yang juga melakukan pembersihan sarang nyamuk di lingkungan kantor dari masyarakat ini mendapat honor, kaos dan konsumsi.

"Padat karya ini upaya kemenhub mendukung pemberdayaan masyarakat dengan berpartisipasi membangun dan memperbaiki fasilitas sekitar kantor, serta memberikan pekerjaan dan penghasilan tambahan bagi masyarakat," kata Rusdi.

Baca juga: KSOP Dumai Segera Terapkan Pelayanan Berbasis Online

Baca juga: Tingkatkan Kesiagaan Dan Keselamatan, KSOP Dumai Minta Kapal Waspadai Cuaca Buruk