Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Dipadati Peziarah

id makam syekh, abdurrahman siddiq, dipadati peziarah

Tembilahan, 8/8 (ANTARA) - Menjelang masuknya bulan suci Ramadan, kompleks pemakaman Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari di Desa Hidayat, Kecamatan Kuindra, Riau, ramai dipadati kaum muslim yang berziarah.

Berdasarkan pemantauan ANTARA di Indragiri Hilir, Riau, Minggu kompleks pemakaman yang terletak tak jauh dari Masjid Al Hidayah ramai dikunjungi peziarah yang melakukan pembacaan Yasin dan doa.

Mereka datang secara sendiri-sendiri maupun berombongan.

Zuriat (cucu) Tuan Guru, H Ali Azhar menyatakan bahwa memang menjelang masuknya bulan Ramadan ramai peziarah yang mendatangi makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari untuk melakukan ritual pembacaan Yasin dan doa lainnya.

Rombongan peziarah biasanya bertambah ramai saat memasuki 17 Ramadan sampai menjelang akhir Ramadan.

"Biasanya peziarah semakin bertambah ramai mendatangi makam Tuan Guru menjelang peringatan Nuzulul Qur'an pada 17 Ramadan, keramaian peziarah sampai menjelang akhir bulan Ramadan," ujarnya.

Para peziarah yang datang tersebut, biasanya akan menggelar tadarusan dan amaliyah lainnya sejak usai pelaksanaan shalat Tarawih sampai menjelang masuknya waktu Sahur.

Justru, pada saat-saat itulah para peziarah makin ramai mengadakan kegiatan tadarusan dan amaliyah lainnya, tambahnya.

"Puncak keramaian peziarah yang berkunjung ke makam ini, yakni pada hari pertama Idul Fitri sampai sepuluh hari berikutnya. Biasanya jumlah peziarah yang datang ribuan dari berbagai pelosok Indragiri Hilir (Inhil) dan luar Inhil, termasuk dari luar negeri, seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura," sebut ustad Ajai-panggilan akrab Ali Azhar.