TPU Dumai Mulai Dipadati Peziarah

id tpu dumai, mulai dipadati peziarah

Dumai, Riau, 25/7 (ANTARA) - Sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Dumai, Provinsi Riau, saat ini mulai dipadati oleh peziarah guna menyambut bulan suci Ramadhan 1432 Hijriah yang tinggal sepekan lagi, tepatnya 1 Agustus 2011.

"Kita perkirakan jumlah pengunjung akan terus bertambah hingga sehari sebelum puasa," kata Amat (24), seorang penjaga TPU Marga Sarana yang berada di Jalan Bukit Jin, Kelurahan Bukit Kapur, Kecamatan Medang Kampai, Senin.

Ia menjelaskan, masyarakat peziarah mulai berdatangan sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB dan terus bertambah padat terutama jelang sore sekitar pukul 15.00-18.00 WIB.

"Kepadatan pengunjung sudah terjadi sekitar dua hari ini, jumlahnya bisa mencapai lima ratusan orang per hari," katanya menambahkan.

Banyaknya peziarah itu, menurut dia, terkadang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di beberapa jalan menuju TPU.

Namun kondisi kemacetat tersebut diakuinya tidak begitu parah mengingat ruas jalan menuju TPU Marga Sarana cukup luas dan memiliki dua jalur berlawanan.

"Kabar baiknya, selain saya mendapat tambahan uang parkir dari kendaraan pengunjung, teman-teman pedagang bunga juga banjir rejeki karena omzet penjualan meningkat," ujarnya.

Salma (43), pedagang bunga dan air kemasan di TPU yang sama mengatakan dalam sehari omzet yang didapatnya mencapai Rp200-Rp250 ribu.

"Pemasukan sebesar ini sudah saya dapat sejak dua hari ini. Saya yakin besok-besok sampai sehari sebelum puasa omzet saya akan terus meningkat," katanya.

Seorang peziarah, Arwan mengaku sengaja memilih ziarah ke makam kakeknya menjelang Ramadhan untuk memberikan doa kepada almarhum.

"Hal ini selalu dilakukan setiap tahun. Kalau sudah dekat puasa TPU ramai sekali, jalanan juga macet," ujarnya saat ditemui di pintu masuk TPU Marga Sarana.