Empat Kampung di Siak Belum Dialiri Listrik

id empat kampung, di siak, belum dialiri listrik

Empat Kampung di Siak Belum Dialiri Listrik

Siak (Antarariau.com) - Saat ini tersisa empat kampung atau desa di Kabupaten Siak, Riau yang belum menikmati aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara.

"Kini tinggal empat kampung lagi yaitu Kampung Rantau Bertuah Kecamatan Minas, Tasik Betung, Teluk Lancang di Kecamatan Sungai Mandau, dan Teluk Lanus di Sungai Apit yang belum dialiri listrik," kata Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Siak, Akun Budyadi di Siak, Kamis.

Dikatakan Amin, untuk pemasangan listrik di Kampung Rantau Bertuah dan Tasik Betung dalam proses perizinan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lantaran tiang-tiang yang dilalui masuk dalam cagar biosfer.

Sedangkan untuk Kampung Teluk Lanus yang berada di Kecamatan Sungai Apit sudah dalam proses administrasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) PLN, sementara di Kampung Teluk Lancang pembangunan listriknya akan diproyeksi pada 2019.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Siak selalu berupaya melakukan percepatan pembangunan listrik di seluruh kampung. Hingga Agustus 2018 Rasio Elektrifikasi (RE) Kabupaten Siak telah mencapai angka 96,11 persen dengan jangkauan 127 kampung dan kelurahan.

Tersisa empat kampung belum teraliri listrik disebabkan masih dalam proses perizinan ke Kementerian LHK yang berada dalam lahan HTI dan masuk zona cagar biosfer, jelasnya.

Pada Selasa(30/10) PT PLN meresmikan pengoperasian listrik desa di 35 lokasi di Provinsi Riau. Kegiatan dipusatkan di Kampung Tumang, Kecamatan Siak Kabupaten Siak yang sekaligus merupakan kado hari ulang tahun ke-19 Kabupaten Siak.

Dari 35 desa tersebut sembilan desa/kampung di antaranya berada di Kabupaten Siak, yakni Kampung Tumang, Sungai Selodang, Lubuk Umbut, Becah Umbai, Bekalar, Muara Bungkal, Maredan, Dusun Segintil (Tualang Timur), dan Teluk Rimba.

Untuk memenuhi kebutuhan elektrifikasi masyarakat di wilayah Kabupaten Siak, Pemkab Siak telah melaksanakan beberapa upaya diantaranya, dengan membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 315.48 KMS, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 506,59 KMS, Trafo 88 unit.

Pengadaan genset serta bantuan PLTS dan SHS sebanyak 131 unit, serta memasang ratusan PJUTS di beberapa kampung dan kelurahan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Siak.

Hingga tahun ini kondisi rasio elektrifikasi dapat terus dinaikkan dari kondisi semula.

Untuk kelistrikan rumah tangga miskin, dan pemasangan meteran listrik, Pemda dibantu Badan Amil Zakat melalui dana zakat yang dihimpun dari masyarakat Kabupaten Siak disalurkan dalam program Siak Peduli.