Masuk 50 Terbaik Indonesia, Koperasi di Siak ini Terima Penghargaan dari Kemenkop

id masuk 50, terbaik indonesia, koperasi di, siak ini, terima penghargaan, dari kemenkop

Masuk 50 Terbaik Indonesia, Koperasi di Siak ini Terima Penghargaan dari Kemenkop

Siak, (Antarariau.com) - Koperasi Unit Desa (KUD) Kebun Sawit Harapan Kampung Gabung Makmur, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak masuk dalam 50 koperasi berprestasi di Indonesia serta meraih penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM pada peringatan Harkopnas 2018.

"Pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2018 kemarin (12/7), KUD Kebun Sawit Harapan yang diketuai oleh Misdi dari Kecamatan Kerinci Kanan meraih penghargaan kategori koperasi berprestasi jenis produsen," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak, Wan Fazri Auli di Siak, Jumat.

Sempena puncak peringatan Harkopnas ke-71di ICE, BSD, Tangerang, Banten, Kamis (12/7) turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, dan Ketua Dekopin Nurdin Halid, serta sejumlah Kepala Daerah, Bupati/walikota, Kepala Dinas Koperasi, ketua koperasi dan tokoh masyarakat.

Penghargaan yang diterima KUD Kebun Sawit Harapan diterima langsung oleh Misdi selaku ketua dari Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

"KUD Kebun Sawit Harapan ini juga sudah pernah mendapat koperasi terbaik tingkat provinsi Riau pada 2017 lalu karena sudah baik secara pembukuan, administrasi, kelembagaan maupun keuangannya," katanya lagi.

Dikarenakan KUD Kebun Sawit Harapan sudah meraih predikat terbaik tingkat Provinsi Riau, pihak Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak memberanikan diri mendaftarkan koperasi kelolaan Misdi ini ketingkat nasional, bersama dua koperasi daerah lainnya.

"Selain KUD Kebun Sawit Harapan ada juga dua koperasi asal Provinsi Riau yang memperoleh penghargaan yang sama, yakni koperasi asal Kabupaten Kampar dan Koperasi dari Kabupaten Pelalawan," sambung Misdi saat dimintai keterangan.

Penyematan tanda jasa kepala Kepala daerah, Bupati/walikota, Kepala Dinas, dan ketua koperasi itu merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Koperasi Nasional Tahun 2018 yang disematkan langsung oleh Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Selain itu, tanda jasa dan kehormatan Bakti Koperasi Tahun 2018 diberikan atas motivasi dan meningkatkan peran serta pejabat negara dalam pengembangan dan pembinaan koperasi, usaha dan menengah sebagaimana yang diamanatkan Peraturan Menteri Koperasi, Usaha kecil dan Menengah Nomor : 05/ PER/M.KUKM/III/2013 Tentang Pedoman Pemberian Tanda Penghargaan atau Tanda Jasa.

Penghargaan yang diraih oleh KUD Kebun Sawit Harapan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Koperasi, Usaha kecil Dan Menengah Nomor 21 Tahun 2018 Tentang Penetapan Koperasi berprestasi Tahun 2018.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyebutlan, pihaknya akan melakukan reformasi total koperasi melalui tiga langkah strategis untuk meningkatkan peran koperasi dalam pertumbuhan ekonomi, sesuai dengan arahan Presiden.

Tiga langkah strategis itu adalah Reorientasi, Rehabilitasi dan Pengembangan. Dengan tujuan untuk mengembangkan koperasi secara berkualitas sebagai organisasi yang memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kemanfaatan kepada masyarakat.

Dia menilai, dalam empat tahun berjalannya reformasi total koperasi, telah banyak penataan koperasi yang berhasil dilaksanakan baik terhadap para penggerak koperasi, masyarakat dan kelembagaan koperasi itu sendiri.