Dukung Kelancaran Suplai CPO, Pelindo Akan Tata Infrastruktur Pipa di Dumai

id dukung kelancaran, suplai cpo, pelindo akan, tata infrastruktur, pipa di dumai

Dukung Kelancaran Suplai CPO, Pelindo Akan Tata Infrastruktur Pipa di Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - PT Pelindo I Medan berencana menata infrastruktur pipa di dermaga B kawasan pelabuhan cabang Dumai untuk mendukung kelancaran aktivitas suplay crude palm oil (CPO) dan turunan.

Manager Teknik Pelindo I Cabang Dumai Tengku Saldi mengatakan, penataan pipanisasi sudah masuk tahap penyusunan dokumen perencanaan dan desain teknis oleh mitra pemenang.

"Sudah berjalan tahap pertama penyiapan desain teknis, dan penataan ini bukan penambahaan infrastruktur pipa, hanya peningkatan atau upgrade," kata Saldi, Selasa.

Dijelaskan, penyiapan dokumen teknis ini dasar untuk melakukan penataan dan perawatan pipa suplay CPO dan curah cair, karena sejak dibangun belum pernah pemeliharaan.

Rencana penataan pipanisasi ditaksir menelan anggaran Rp25 miliar dengan tahun jamak ini dilakukan tiga tahap, setelah penyusunan dokumen dilanjut proses tender dan pelaksanaan.

"Meski belum ada kendala dalam suplay cpo, tapi untuk peningkatan pelayanan, kita akan usulkan penataan sesuai perencanaan setelah diketahui kondisi riil pipa," sebutnya.

Selain itu, penataan pipa kedepan direncanakan juga perawatan secara berkala dengan menggandeng mitra kompeten untuk memberikan pelayanan optimal pada penyewa kawasan.

Diketahui juga, sebelum dimulai arus mudik angkutan Lebaran 2018, Pelindo Dumai membenahi kondisi ponton di dermaga terminal penumpang dan drainase untuk memuaskan masyarakat pemudik.

Perbaikan dua ponton mengalami kondisi tidak memadai ini sudah diusulkan dengan ponton ukuran 10x 20 meter, namun hanya disetujui ukuran 4x8 meter.

"Penambahan besar ponton harus ada persetujuan pelindo medan, tapi perbaikan tetap dilakukan dala menghadapi arus mudik lebaran," kata Saldi beberapa waktu lalu saat rapat angkutan Lebaran 2018 bersama Pemerintah Dumai. ***1***