Plt Bupati Rohil Apresiasi ICMI Selenggarakan Pelatihan Fardhu Khifayah

id plt bupati, rohil apresiasi, icmi selenggarakan, pelatihan fardhu khifayah

Plt Bupati Rohil Apresiasi ICMI Selenggarakan Pelatihan Fardhu Khifayah

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pelaksana Tugas Bupati Rokan Hilir (Rohil) Jamiludin, mengapresiasi program Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia atau ICMI Orda Kabupaten Rohil yang telah menyelenggarakan pelatihan fardhu kifayah.

"Secara institusi kami dari Pemkab sangat berterima kasih kepada ICMI Rohil, dimana kegiatan tersebut sangat positif, yakni memberikan bimbingan kepada pengurus Masjid maupun Musholla," kata Jamiludin usai menghadiri kegiatan tersebut di Aula Hotel Mahera, Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Jumat (1/6) malam.

Ia mengatakan, pelatihan fardhu kifayah yang diselenggarakan tersebut merupakan kewajiban setiap muslim, dan wajib hukumnya untuk dijalankan.

"Misalnya saja ada warga yang meninggal dunia di suatu kampung, maka kita yang berada disitu memiliki kewajiban fardhu kifayah yang harus dijalankan. Seperti memandikan, mengkafani dan menyolatkan serta menguburkan," jelasnya.

Jamiludin berharap program yang telah dijalankan ICMI tersebut tidak hanya sampai disitu saja. Ia pun berkeinginan untuk tahun-tahun berikutnya lebih dikembangkan lagi dengan pola yang lebih meriah.

"Untuk tahun-tahun berikutnya ini perlu kita kembangkan, cuma mungkin polanya agak lebih meriah. Ini baru tahap awal dan gaungnya belum begitu terlihat. Untuk tahun depan kita kemas dengan cara berbeda," harapnya.

Jamiludin menambahkan, jika ada aturan yang mengizinkan untuk menganggarkan dana di APBD terkait pelatihan fardhu kifayah tersebut, ia berkeinginan untuk menganggarkannya guna pelaksanaan kegiatan fardhu kifayah .

"Kalau memang ada payung hukumnya untuk pelatihan-pelatihan seperti ini apa salahnya, karena ini kan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat," katanya pula.

Di acara yang sama juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman ICMI Orda Rohil dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat. Kemudian ditutup dengan acara buka puasa bersama.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua ICMI Orda Rohil dr Suratmin beserta Pengurus, Wakil Ketua I Baznas Rohil, Organisasi Masyarakat, para pengurus Masjid dan Musholla serta undangan lainnya.