Retribusi Parkir Bantu Tingkatkan PAD Kota Dumai

id retribusi parkir, bantu tingkatkan, pad kota dumai

Dumai, 24/6 (ANTARA) - Pengelolaan dana parkir oleh Pemerintah Kota Dumai, Riau, dapat meningkatkan dana Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Untuk mencapai hal tersebut pihak Dinas Perhubungan hendaknya menata kembali perparkiran yang ada di sepanjang jalan Dumai termasuk parkir khusus yang dimiliki oleh Kota dumai seperti pusat perbelanjaan Ramayana dan Danau Buatan Putri Tujuh," kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai, Komisi III, Hj. Jufridah.

Jufridah menjelaskan, sebagai salah satu poin untuk meningkatkan PAD Dumai tahun 2010 adalah dari sektor perhubungan parkiran.

"Sebelum dilakukan pembahasan RAPBD, pihak Dinas Perhubungan Kota Dumai hanya menetapkan target Rp 120 juta, namun setelah dilakukan pembahasan akhirnya target tersebut dinaikkan menjadi Rp 300 juta lebih," katanya.

Seiring dengan dinaikkannya target pendapatan dari sektor parkir tersebut, Jufrida mengharapkan agar pelayanan terhadap masyarakat juga semakin baik, sehingga dalam perjalanan apa yang sudah ditargetkan dapat dicapai bahkan melebihi target yang ditetapkan.

"Memang, parkir merupakan salah satu sektor pendanaan PAD nya cukup lumayan ditahun 2010 ini, seiring dengan ditingkatkannya target PAD disektor ini, sudah seharusnya pelayanan terhadap masyarakat harus dibenahi menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya," katanya.

Selain hal teknis tersebut, kata Jufrida, pencapaian pendapatan dari parkir sangat dimungkinkan dengan potensi kendaraan yang ada di Dumai, ditambah lagi dengan adanya refisi Perda Parkir yang telah menetapkan tarif parkir lebih tinggi dari sebelumnya.