BMKG Pekanbaru: Waspadai Angin Kencang Beserta Petir

id bmkg pekanbaru, waspadai angin, kencang beserta petir

Pekanbaru, 19/5(ANTARA)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengimbau warga Pekanbaru untuk mewaspadai terjadinya angin kencang beserta petir yang berpotensi terjadi pada sore hari.

"Angin kencang dan petir akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. Terlebih saat ini merupakan masa transisi antara musim panas dan musim hujan," ujar Staf Analisa BMKG Pekanbaru Aristya Ardhitama di Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, angin kencang berpotensi pada sore hari, karena sore hari terjadi peralihan cuaca dari panas ke hujan yang sangat cepat.

Hal ini disebabkan angin yang bertiup kencang, dan menghambat proses pembentukan awan, efeknya aktivitas konvektif menjadi tinggi sehingga menyebabkan hujan deras tiba-tiba.

Ia mengatakan, pada Selasa (18/5) sore, terjadi angin kencang dan berdasarkan hasil pengukuran BMKG diketahui mempunyai kecepatan 27 knots atau setara dengan 54 kilometer per jam.

"Angin umumnya bertiup dari arah tenggara sampai barat daya dengan kecepatan hingga 54 kilometer," tambahnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau warga untuk tetap waspada hingga masa transisi musim tahun ini berakhir. Meski demikian, lanjutnya angin kencang yang terjadi di wilayah Pekanbaru tersebut tidak mengganggu pelayaran dan penerbangan.

Di tempat terpisah, Rudi, salah seorang warga Pekanbaru yang bermukim di Sukajadi mengaku waspada dengan angin kencang yang terjadi di Pekanbaru saat ini.

"Mulai kemarin (Selasa), saya mulai jarang keluar pada sore hari. Pergantian dari panas ke hujan sangat drastis," jelasnya.

Terlebih lagi pada Selasa (18/5) sore, angin kencang menyebabkan papan reklame dan beberapa pohon tumbang.