DPRD Inhil Desak Pemkab Segera Cairkan APBDes

id dprd inhil, desak pemkab, segera cairkan apbdes

DPRD Inhil Desak Pemkab Segera Cairkan APBDes

Tembilahan (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indagiri Hilir, Riau meminta kepada Pemerintah Daerah segera mencairkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) guna percepatan program pembangunan di Desa.

Ketua Komisi I DPRD Inhil, Yusuf Said saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, BPKAD, Bagian Hukum dan Inspektorat di Tembilahan, Senin malam, menegaskan, jika perlu, lakukan pencairan dalam minggu ini.

"Kami ingin, minggu ini juga pencairan sudah bisa dilakukan, kami juga tidak mengerti apa kendalanya sehingga hingga saat ini dana itu tak kunjung cair," ujar Yusuf Said, Senin.

Selanjutnya, sekretaris dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Inhil, Budi, mengatakan bahwa saat ini proses pencairan masih dalam tahap evaluasi di tingkat Kecamatan.

"Masih dalam tahap evaluasi ditingkat Kecamatan. Hingga saat ini sudah ada empat desa yang sudah mengajukan," terang Budi.

Sementara itu Kabid Penerimaan dan Pengeluaran Kas BPKAD, Feri Irawan, mewakili Kepala BPKAD menyebutkan bahwa, saat ini baru ada empat Desa yang sudah memenuhi persyaratan pencairan, maka ia meminta untuk segera diajukan ke BPKAD.

"Tidak perlu menunggu semua desa memenuhi persyaratan, jika memang sudah ada empat desa yang memenuhi segera ajukan. Ini untuk memotivasi desa-desa yang lain agar segera dan cepat juga menyiapkan APBDesnya," ujar Feri Irawan. (ADV)

Oleh: Adriah Akil