Hanya Tujuh Dari 59 SMP Dumai Yang Terapkan PPDB Online

id hanya tujuh, dari 59, smp dumai, yang terapkan, ppdb online

Hanya Tujuh Dari 59 SMP Dumai Yang Terapkan PPDB Online

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sebanyak tujuh sekolah menengah pertama negeri di Kota Dumai Riau membuka penerimaan peserta didik baru tahun 2017 dengan sistem dalam jaringan atau "online" dan jumlah kuota daya tampung sekitar 1.908 calon pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Dumai Syaari, di Dumai, Kamis, mengatakan, hanya tujuh sekolah dari 59 SMP sederajat melaksanakan penerimaan peserta didik baru secara online dan manual atau non elektronik.

"Tujuh sekolah menengah pertama membuka pendaftaran dengan online dan diharap pelaksanaan penerimaan siswa baru ini tenang dan kondusif," kata Syaari.

Disebutkan, Dinas Pendidikan Dumai membuka tahap pendaftaran peserta didik baru selama tiga hari, dimulai 3 hingga 5 Juli 2017, dan selain 7 SMP dengan online, sekolah lain menerima calon siswa secara manual.

Sekolah melaksanakan PPDB online ini yaitu SMPN 1 dengan kuota 258 siswa, 352 SMPN 2, 288 SMPN 3, 288 di SMPN 4, 256 di SMPN 7, 256 di SMPN 14 dan SMPN Binaan Khusus sebanyak 180 anak didik.

Penerimaan siswa baru di tujuh sekolah dengan online dibagi dalam dua kriteria, yaitu pendaftaran bagi calon peserta tinggal kelas, anak pendidik, testimoni dan berdasarkan tingkat kecerdasan dengan kuota sebanyak 393 anak didik.

Kemudian, peserta didik baru jalur berprestasi, reguler dalam kota, luar kota, anak tempatan dan lingkungan serta dari keluarga miskin dengan total daya tampung penerimaan sebanyak 1.515 siswa.

"Bagi calon peserta didik asal luar kota dan tamatan tahun lalu agar mendaftar dengan menyerahkan berkas ke sekretariat dinas pendidikan dan membawa kelengkapan persyaratan seperti legalisir surat keterangan kelulusan," sebutnya.

Kadisdikbud Dumai mendorong orangtua agar mendaftarkan anak ke sekolah sesuai kemampuan dan tidak percaya dengan calo yang menjanjikan anak bisa diterima di sekolah favorif.