Sekda Riau: Percepatan Pembangunan Daerah Bergantung Pada Komunikasi Pemprov-DPRD

id sekda riau, percepatan pembangunan, daerah bergantung, pada komunikasi pemprov-dprd

Sekda Riau: Percepatan Pembangunan Daerah Bergantung Pada Komunikasi Pemprov-DPRD

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sekretaris Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengklaim kunci untuk mempercepat pembangunan di kawasan setempat terletak pada terjalinnya komunikasi yang baik dengan anggota legislatif.

"Belajar di 2016 lalu, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) kita dapat melakukan serapan dengan cepat mulai dari perencanaan, rekonsiliasi di Satuan Kerja Perangkat Daerah dan rasionalisasi anggaran sesuai dengan kebutuhan, kuncinya tidak terlepas dari komunikasi yang baik dengan DPRD," kata Ahmad Hijazi di Pekanbaru, Minggu.

Ia menegaskan koordinasi dan harmonisasi menjadi catatan penting dalam mempercepat pembangunan Pemprov Riau kedepan, baik dari pihak internal Pemprov Riau di SKPD terkait maupun masukan dari pihak DPRD setempat.

Memasuki anggaran 2017, sejumlah strategi tengah disusun agar realisasi anggaran berjalan sebagaimana mestinya. Rekonsiliasi perencanaan yang baik di struktur organisasi yang baru dibentuk menjadi sorotan Sekretaris Daerah Provinsi Riau ini.

Ia mencatat sepanjang 2016 silam ada aspek-aspek yang dinilai terlalu longgar tidak memerhatikan aspek regulasi, kebutuhan dan pendekatan secara komprehensif.

"Catatan perencanaan kita selama ini yang terlalu longgar, hanya dilihat secara parsial tidak menyeluruh dan tuntas," tuturnya pula.

Ia memaparkan perencanaan yang baik harus detail, tuntas dan pintar. Pintar dalam artian terukur sesuai kurun waktu dan target, sesuai kebutuhan serta rasional (masuk akal).

Oleh: Diana Syafni