Polres Dumai Tanamkan Bhineka Tunggal Ika Dalam Dunia Pendidikan

id polres dumai, tanamkan bhineka, tunggal ika, dalam dunia pendidikan

Polres Dumai Tanamkan Bhineka Tunggal Ika Dalam Dunia Pendidikan

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kepala Polres Dumai AKBP Donal H Ginting mengajak dinas pendidikan dan penyelenggara sekolah setempat untuk menanamkan nilai keberagaman atau kemajemukan dalam pergaulan anak didik sesuai slogan Bhineka Tunggal Ika.

"Pembinaan generasi muda tanggung jawab bersama, dan diharap guru dapat menanamkan nilai nilai keragaman dalam pergaulan pelajar," kata Donal dalam rapat koordinasi dengan Disdik Dumai dan kepala sekolah SD, SMP, SMA sederajat, Jumat.

Pembentukan karakter generasi muda yang masih belajar di bangku sekolah diharapkan mengarah kepada anti kekerasan dan kejahatan mengingat banyak kejadian menimpa pelajar saat ini.

Dijelaskan dia, proses pembelajaran yang diperoleh anak didik di sekolah merupakan upaya pemerintah mempersiapkan generasi muda berkualitas dan siap bersaing di masa mendatang.

Peran guru sekolah dengan kegiatan belajar mengajar juga diharapkan untuk membantu dan mendukung tugas kepolisian dalam upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Mengingat banyak kejahatan dilakukan pelajar akhir akhir ini, maka diharap guru dapat membantu kepolisian dalam menjaga kamtibmas dengan cara membangun karakter anak didik anti kekerasan," harap Kapolres.

Polres Dumai juga mengimbau guru agar dapat menggunakan waktu dengan maksimal untuk membina anak didik dan mengadakan berbagai kegiatan positif sebagai upaya pengawasan diluar jam belajar.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Dumai Misdiono menyambut baik ajakan kepolisian agar mental dan pembentukan karakter pelajar sesuai dengan harapan dan cita cita pendidikan.

"Guru dapat mengembangkan pendidikan bersama orangtua murid dan berikan perhatian khusus kepada anak didik yang memiliki potensi kekerasan supaya bisa dirubah karakternya," imbau Misdiono dihadapan sekitar 200 pelajar.