wawako Dumai Meminta Bank Sampah Tingkatkan Daur Ulang

id wawako dumai meminta bank sampah tingkatkan daur ulang

wawako Dumai Meminta Bank Sampah Tingkatkan Daur Ulang

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo minta pengurus bank sampah agar meningkatkan daur ulang dan pengelolaan sampah, yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menciptakan lingkungan bersih sehat.

"Persoalan sampah jadi perhatian pemerintah karena dampak buruknya bagi lingkungan dan masyarakat, karena itu diharap instansi terkait untuk mengelola dengan maksimal," kata Eko usai kegiatan penyerahan bantuan 10 unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah dari Anggota DPR RI Sayed Abubakar Assegaf di Dumai, Selasa.

Pengelolaan sampah hasil produksi rumah tangga atau pasar tradisional oleh instansi terkait diharap bisa lebih optimal lagi, dengan memanfaatkan bank sampah atau fasilitas tempat penampungan sementara atau akhir.

Dikatakan, masyarakat terlibat dalam pengelolaan bank sampah sangat dibutuhkan untuk mendaur ulang menjadikan benda bermanfaat dan sosialisasikan sadar kebersihan dengan tidak buang sampah sembarang tempat.

Sedangkan upaya dari pemerintah untuk memberantas sampah dengan penyediaan anggaran, armada pengangkutan, petugas lapangan, penempatan bak dan kotak sampah di tengah masyarakat serta tempat pembuangan sementara dan akhir.

"Akibat sampah berserakan sangat tidak baik untuk lingkungan dan manusia, misalnya musibah banjir karena sungai atau saluran air tersumbat dan menjadi sumber penyakit bagi manusia," sebut Eko.

Dia juga mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang tempat dan berupaya menciptakan sampah berguna dengan daur ulang.

Volume sampah di Dumai sekitar kurang lebih 150 meter per kubik tiap hari, lanjut dia, sebagian besar berasal dari pasar tradisional, karena itu diminta petugas kebersihan bekerja keras mengangkut ke tempat pembuangan sementara dan akhir.

Sementara itu, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Riau Sayed Abubakar Assegaf menyebutkan, bantuan armada pengangkutan ini diharap dapat membantu tugas di lapangan dan bisa mewujudkan Dumai bersih bebas sampah.

Selain itu, agar kegiatan pembersihan lingkungan dan pengelolaan sampah lebih ditingkatkan supaya tidak mengalami dampak buruk seperti banjir dan berbagai penyakit bersumber dari sampah.

"Kita memandang penanganan persoalan sampah ini harus lebih diseriuskan berbagai potensi yang ada, karena itu dengan bantuan armada diharap semakin memudahkan kerja kebersihan dan Dumai kota bersih dan sehat tanpa tumpukan sampah," harap Sayed.

(Infotorial/Pemko Dumai)