RTMPE Usaha Paling Ideal Buat Masyarakat Kelompok Petani

id rtmpe usaha, paling ideal, buat masyarakat, kelompok petani

RTMPE Usaha Paling Ideal Buat Masyarakat Kelompok Petani

Siak Hulu (Antarariau) Usaha Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) paling ideal bagi karyawan yang akan pensiun maupun bagi masyarakat Kelompok Petani, tinggal lagi mencari pekerjanya saja.

RTMPE adalah usaha keluarga dimana lokasi maupun lahan usahanya dekat dan berada di sekitar kita, jadi mudah dilaksanakan karena dapat dikerjakan bersama dan bergotong royong dengan anggota keluarga.

Demikian Bupati Kampar H.Jefry Noer menjelaskan, ketika menerima kunjungan karyawan PT.Semen Padang Provinsi Sumatera Barat sebanyak 20 orang yang akan memasuki masa pensiun bersama masyarakat kelompok tani sekitar perusahaan tersebut di lokasi RTMPE Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu.

Lebih jauh Jefry Noer bercerita sambil menerangkan satu persatu usaha yang dapat di lakukan di lahan RTMPE sekalipun luas lahannya hanya 1 000 meter saja, mulai dari peternakan sapi hanya enam ekor mampu menghasilkan pupuk biourine dan biogas untuk sumber tenaga listrik dan kompor biogas, usaha ternak ayam, ternak ikan, ada pertanian tanaman bawang atau cabai dan sayuran lainnya serta usaha rumah jamur.

Disamping ini program kerja utama Dinas di Pemda Kampar untuk mempercepat pengentasan kemiskinan, pengangguran dan Rumah kumuh sebagai sasaran utama pembangunan Kabupaten Kampar, kerja bertani memang sudah hoby saya dari dahulu, kata Jefry Noer menambahkan, apalagi sekarang menjadi Bupati karena itu saya kembangkan dengan teknologi terapan berdasarkan program ATM yaitu Amati, Tiru kemudian Modifikasi programnya hingga terwujud RTMPE ini, ungkapnya.

Sesampainya rombongan perwakilan PT. Semen Padang di lokasi saung tempat istirahat sejenak, Jefry melanjutkan penjelasannya seputar RTMPE sembari memasakkan mie instan buat rombongan sambil berkata Bapak-bapak akan saya masakkan mie instan yang bahan bakar kompor gas nya dari kotoran ternak sapi di lahan RTMPE ini, terang Jefry Noer.

Sambil menyantap mie instan yang telah siap dimasaknya, Jefry berkata mie nya tidak ada bau kotoran sapi kan ujarnya berseloroh yang sontak (bersama) dijawab tawa rombongan, luar biasa Pak Bupati, ini kerja nyata dan patut di contoh untuk percepatan mengantarkan kita menuju keluarga sejahtera hanya berbekal lahan 1000 meter saja.

Indonesia akan sejahtera kalau para pemimpinnya menjalankan program RTMPE seperti program Pak Jefry Noer ini, dimana program pembangunan ekonomi dan SDM bukan hanya omongan dan teori saja tetapi bukti dan kerja nyata yang akan mengantarkan rakyat sejahtera ekonominya, ujar ketua rombongan Basri Dt Rj Usali sambil menyantap mie instannya. (Adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016