Pertagas Sediakan 0,2 MMSCFD Untuk 8.500 Rumah Tangga Di Pekanbaru

id pertagas sediakan, 02 mmscfd, untuk 8500, rumah tangga, di pekanbaru

Pertagas Sediakan 0,2 MMSCFD Untuk 8.500 Rumah Tangga Di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Pertagas Niaga selaku pemenang tender pembagunan jaringan gas kota di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyatakan telah menyediakan gas dengan kapasitas 0,2 Juta Standar Kaki Kubik per Hari (Million Standard Cubic Feet per Day/MMSCFD) untuk menyukseskan program itu.

"Gas ini diambil dari sumur milik PT Energi Mega Persada (EMP) Bentu selaku suplayer," kata Manager City Gas PT Pertagas Niaga Virani Yusita Sari saat dikonfirmasi antara lewat telepon seluler, Jumat.

Menurut Virani Yusita Sari dengan kapasitas gas 0,2 MMSCFD tersebut maka diperkirakan akan mampu memenuhi gas kota Pekanbaru sebanyak 8.500 rumah tangga.

Sementara, ia mencontohkan saat ini dari kapasitas gas tersebut baru akan terpakai sebesar 0,08 MMSCFD diperuntukkan bagi 3.716 rumah tangga pengguna gas kota di Kecamatan Limapuluh Pekanbaru.

"Dari alokasi 0,2 MMSCFD gas EMP Bentu kini masih tersisa sekitar 0,12 lagi setelah terpasang bagi 3.716 rumah tangga," tegasnya.

Ia menganalisa besaran sisa gas 0,12 MMSCFD tersebut masih mencukupi untuk kapasitas 5.000 rumah tangga terpasang lagi. Makanya diperkirakan pihaa masih akan mengusulkan pembangunan jaringan pipa gas kota baru lagi untuk kecamatan lain di wilayah setempat.

"Untuk sisa gas yang belum dimanfaatkan kami sudah ajukan penambahan jaringan gas kota baru keperintah pusat lewat dana APBN, ini diperuntukkan bagi lokasi kecamatan lain di Pekanbaru," katanya menerangkan lagi.

Sekedar informasi, sebelumnya PT Pertagas Niaga telah merilis merencanakan akan mulai mengalirkan gas ke rumah tangga yang berada di Kecamatan Limapuluh setempat pada tanggal 13 Oktober 2016 mendatang. Pasca tuntasnya pembangunan jaringan pipa dan meteran ke rumah warga akhir September kemaren.

"Saat ini sektor I di Kecamatan Limapuluh sudah selesai kami uji coba jaringan pipanya dan siap dialiri gas tanggal 13 Oktober mendatang," kata Virani menjelaskan.

Bahkan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi terakhir dengan pihak hulu gas yakni PT Energi Mega Persada Bentu selaku suplayer serta Pertamina.

"Mudah-mudahan tanggal 13 Oktober gas in," kata Virani lagi.

Menurut Virani pada tanggal 13 Oktober nanti gas kota sudah bisa langsung mengalir ke rumah tangga yang sudah dipasangi jaringan pipa selama ini.

"Kami akan buka satu sektor dulu dimana terdapat 200-300 rumah tangga Diakuinya persiapan untuk peluncuran aliran gas ini sudah dimulai tiga minggu lalu pascatuntasnya pemasangan jaringan pipa gas kota", Ungkapnya.

"EMP Bentu juga sudah selesaikan pemasangan meter gas di rumah-rumah. Kami Pertagas juga sudah melakukan ujicoba dan pengecekan pipa semoga tidak ada yang bocor," terangnya lagi.

Ia menambahkan sejauh ini prosesnya aman dan tidak ada kendala, sehingga dipastikan tanggal 13 Oktober waktu yang pas untuk peluncuran aliran pertama gas kota.