Kemenag Riau Tunggu Jawaban Gubri Untuk Melepas CJH Di Embarkasi Batam

id kemenag riau, tunggu jawaban, gubri untuk, melepas cjh, di embarkasi batam

Kemenag Riau Tunggu Jawaban Gubri Untuk Melepas CJH Di Embarkasi Batam

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dijadwalkan melepas 442 orang jamaah calon haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang atau Kloter 2 Embakasi Batam di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad Azis di Pekanbaru, Selasa, mengatakan, pihaknya telah meminta kesediaan gubernur Riau untuk melepas keberangkatan Kloter 2 dengan total 450 orang calhaj.

"Kita masih tunggu jawaban pak gubernur Riau. Tapi, kalau misalnya pak gubernur berhalangan hadir, maka diwakilkan pejabat terkait seperti asisten atau kepala dinas. Sementara untuk kloter selanjutnya kepala daerah yang melepas keberangkatan jamaah," ucapnya.

Dia berujar, seluruh jamaah Kloter 2 berasal dari Riau saat ini telah berada di asrama haji dengan melakukan berbagai kegiatan seperti istirahat untuk memulihkan kondisi fisik, sebelum melakukan perjalanan sembilan jam melalui udara esok.

Embarkasi Batam memberlakukan pelayanan terpadu satu ruangan dalam menerima jamaah calon haji, di mulai dari pemberian kunci kamar, pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang, paspor, hingga uang saku sebesar 1.500 riyal.

Azis mengatakan, sebelum diberangkatkan menuju Tanah Suci di Arab Saudi pada esok hari, sehari sebelumnya panitia juga memberikan bimbingan manasik haji untuk terakhir kalinya.

"Lazimnya, diadakan panitia sesudah Shalat Ashar. Sedangkan masing-masing kepala regu dan kepala rombongan bakal dilaksanakan pada malam hari atau setelah Solat Isya, sekaligus pemberitahuan" kata dia.

Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Alikek menyatakan, hampir seluruh visa haji jamaah sudah terbit, sehingga pihaknya optimistis pelaksanaan ibadah haji di musim tahun ini tidak akan menemui kendala berarti.

"Visa kloter dari Kepri (Kepulauan Riau) I sudah tuntas semua, kloter 15 dari Kepri pun mudah-mudahan sudah 95 persen dan kloter-kloter dari daerah-daerah lain juga sudah hampir 95 persen," katanya.

Berdasarkan laporan terkini yang diterima PPIH Embarkasi Batam, terdapat enam orang calon haji yang batal berangkat karena wafat dan seorang lainnya mengundurkan diri karena sakit.

Embarkasi Batam siap berangkatkan 8.911 orang jamaah calon haji berasal dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Seluruh jamaah embarkasi tersebut telah dibagi dalam 20 kloter dan dua gelombang penerbangan seperti Kloter I akan masuk asrama haji pada 8 Agustus 2016 dan berangkat ke Tanah Suci pada 9 Agustus 2016.

Calhaj Kepri diberangkatkan menuju Arab Saudi pada Kloter 1 sampai 15, lalu Kloter 2 hingga 10 diisi oleh calhaj dari Riau, kemudian Kloter 11 sampai 15 berasal dari Kalimantan Barat dan Kloter 16 hingga 20 berasal dari Jambi.