Dikerjakan Warga 50 Meter, Pemkab Rohil Ambil Alih Perbaikan Jalan

id dikerjakan warga, 50 meter, pemkab rohil, ambil alih, perbaikan jalan

Dikerjakan Warga 50 Meter, Pemkab Rohil Ambil Alih Perbaikan Jalan

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan akhirnya bersikap mengambil alih pekerjaan perbaikan Jalan Utama RT 24, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko yang sebelumnya dikerjakan warga setempat secara swadaya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang menyatakan mengambil alih kegiatan swadaya masyarakat, dimana jalan yang sudah dikerjakan sejauh ini sekitar 50 meter," kata Ketua RT 24 Robert di Bagansiapiapi, Kamis.

Sementara itu tokoh masyarakat Jaka Abdillah mengungkapkan, sudah bertahun-tahun Jalan Utama yang mengarah ke pelabuhan lama tersebut dalam kondisi rusak dikarenakan kerap menjadi langganan banjir.

"Kami mengapresiasi pemkab karena ada kepedulian, bahkan hari ini juga dinas terkait sudah datang melakukan pengukuran jalan. Untuk tahap awal belum diketahui apakah ditimbun dulu atau pengerasan, tapi kami lihat bagusnya pembangunan sistem rigid," ujar Jaka Abdillah.

Sebelumnya masyarakat sekitar melakukan perbaikan jalan yang bersumber dari dana iuran warga dan direncanakan pembangunan jalan tersebut sekitar 100 meter terutama dititik yang rusak cukup berat.

Setelah dana terkumpul, warga setempat juga mengerjakan langsung perbaikan jalan yang dimulai sejak dua hari lalu.

Namun setelah mengetahui adanya kegiatan perbaikan jalan secara swadaya, Bupati langsung menginstruksikan dinas terkait untuk mengambil alih kegiatan dengan panjang jalan yang akan diperbaiki 200 meter, sementara dana yang telah terkumpul direncanakan akan diganti kembali untuk perbaikan Musholla setempat. (Adv)

Oleh: Dedi Dahmudi