Pemkab Inhu Nobatkan Desa Beligan Sebagai Kampung KB, Prasasti Ditandatangani

id pemkab inhu, nobatkan desa, beligan sebagai, kampung kb, prasasti ditandatangani

Pemkab Inhu Nobatkan Desa Beligan Sebagai Kampung KB, Prasasti Ditandatangani

Rengat, (Antarariau.com) - Desa Beligan di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dinobatkan sebagai kampung Keluarga Berencana (KB) tahun 2016 oleh pemerintah setempat, karena telah memenuhi berbagai persyaratan.

"Ini sebagai wujud dukungan provinsi terhadap program pencapaian KB," kata Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal di Rengat, Kamis.

Ia mengatakan, penobatan sebagai kampung KB tersebut dilakukan pada acara Pencanangan Bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2016 yang dipusatkan di Desa Beligan pada.

Wakil Bupati melakukan penandatanganan prasasti sekaligus menerima perangko Kampung KB dari Kepala BKKBN Riau Yendrizal Makmur dan berharap melalui pencanangan Buan Bakti IBI ini dapat menjadi salah satu upaya untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan anak yang sejauh ini masih terjadi.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, tingkat kematian ibu dan anak khususnya di Inhu dapat semakin ditekan," sebutnya.

Menurutnya, penetapan desa KB ini juga yang lebih penting lagi adalah semua ibu dan anak semakin sejahtera, khususnya di desa yang telah dijadikan sebagai contoh dan binaan pemerintah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Riau Andra Syafril yang hadir bersama Kepala BKKBN Propinsi Riau Yendrizal Makmur dan Ketua IBI Riau Kasmiaty.

"Acara itu juga diisi berbagai kegiatan pelayanan kesehatan diantaranya pengobatan gratis," ujarnya.

Ditambahkan Khairizal, sejumlah kegiatan lainnya adalah dengan pemasangan implan dan IUD serta pelayanan KB lainnya, bahkan program ini dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten kota di Indonesia.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia Riau Kasmiaty mengatakan, selain dalam rangka memperingati HUT IBI ke 65, kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini juga diharapkan menjadi momentum semangat bagi para bidan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik.

"Semua pihak harus dapat membantu program pemerintah agar berjalan dengan baik," terangnya.

Ketua IBI mengharapkan, desa yang telah terpilih menjadi percontohan dan binaan harus mampu mewujudkan harapan bangsa, kesehatan ibu dan anak menjadi perioritas utama dalam penerapan desa KB.