Bupati: Perempuan Berperan Penting Dalam Pembangunan Karakter

id bupati perempuan, berperan penting, dalam pembangunan karakter

Bupati: Perempuan Berperan Penting Dalam Pembangunan Karakter

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan menyampaikan bahwa perempuan berperan penting dalam pembangunan karakter bangsa dan kontribusi aktif kaum perempuan di segala bidang semakin diperhitungkan.

"Hal ini tentu sesuai dengan misi Kabupaten Indragiri Hilir 2013-2018, diantaranya adalah untuk mengoptimalkan seluruh lapisan masyarakat, terutama kaum perempuan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir untuk berkiprah dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan, dan pada akhirnya seluruh lapisan masyarakat dijadikan sebagai subjek atau pelaku utama pembangunan," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan pergerakan nasional dalam meraih kemerdekaan, khususnya kemerdekaan bagi kaumnya, yaitu perempuan. Kemerdekaan bagi perempuan yang dimaksud adalah kemerdekaan yang menyangkut harkat dan martabat perempuan dari penindasan, keterbelakangan dan hegemoni kaum laki-laki.

"Kartini telah membuka pemikiran bahwa perempuan tidak sekedar berperan dalam rumah saja. Kini saatnya perempuan menjadi lebih berarti dalam artian perempuan mampu mengaktualisasikan diri sebagaimana yang bisa dilakukan laki-laki," ujarnya.

Untuk mengenang jasa Kartini yang menginspirasi kaum perempuan, lanjutnya, rasanya tidak berlebihan jika tanggal kelahirannya pada setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

"Karena Kartini adalah pelopor kesetaraan gender yang patut dikenang dan diteladani. Kartini telah mewariskan semangat bagi perempuan agar dapat berkembang, berdaya dan memilki peran yang sama pentingnya dengan peran seorang laki-laki," katanya. (ADV)