Hampir Semua Desa di Bengkalis Punya BUMDes, Bupati Akan Pantau

id hampir semua, desa di, bengkalis punya, bumdes bupati, akan pantau

Hampir Semua Desa di Bengkalis Punya BUMDes, Bupati Akan Pantau

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pengelelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dituntut untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme, mengingat keberadaan Bumdes bisa memperkuat perekonomian desa.

“Selain untuk memperkuat perekonomian desa, keberadaan Bumdes juga memperkuat potensi desa, yang belum dimanfaatkan secara optimal terutama kekayaan desa dan terdapat permintaan di pasar, serta tersedia sumber daya manusia yang mampu mengelola bumdes sebagai aset penggerak perekonomian masyarakat,” kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin di Bengkalis, Senin.

Menurut dia, Bumdes merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produkif desa yang dilakukan secara koorperatif, partisifatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan berkelanjutan.

“Untuk itu, perlu upaya serius semua pihak terkait, agar pengelolaannya dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan professional, para pengelolanya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen yang baik pula,” katanya.

Dijelaskannya, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, tentang kewenangan desa untuk mendirikan Bumdes. Hal ini juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan Dan Pembubaran Bumdes.

“Keberadaan BUMDes guna untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. Untuk itu diharapka untuk dikelola dengan baik daan profesionalisme,” ujar Amril Mukminin saat membuka pelatihan keterampilan manajemen Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kabupaten Bengkalis tahun 2016.

Ia menjelaskan, saat ini seluruh desa di Kabupaten Bengkalis telah terbentuk Bumdes.

Untuk itu, Pemkab Bengkalis akan terus melakukan pembinaan, pemantauan, evaluasi dan memberikan fasilitasi, sehingga kualitas manajemen dan sumber daya manusia pengelola Bumdes di daerah ini ke depan semakin baik.