Tingkat Pengangguran Cukup Tinggi, Solusinya Pemkab Rohil Akan Dirikan Politeknik

id tingkat pengangguran, cukup tinggi, solusinya pemkab, rohil akan, dirikan politeknik

Tingkat Pengangguran Cukup Tinggi, Solusinya Pemkab Rohil Akan Dirikan Politeknik

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau akan mendirikan Politeknik dengan lahan seluas 10 hektar di Kelurahan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih.

"Rencana ini memang sudah lama, bahkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sudah memberikan izin pendirian kampus kejuruan tersebut," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan saat memimpin rapat membahas pendirian Politeknik bersama 11 perusahaan perminyakan di Aula Kantor Bupati, Kamis.

Sekda menjelaskan, alasan pemerintah daerah mendirikan Politeknik selain belum memiliki perguruan tinggi, namun tingkat pengangguran di Rokan Hilir juga cukup tinggi.

"Ini salah satu tujuan kita untuk meningkatkan SDM khususnya dibidang kejuruan dan juga membuka peluang kerja, ujarnya.

Selain itu, faktor pendukung didirikannya Politeknik ini juga dikarenakan bangunannya sudah ada dan bahkan beberapa perusahaan termasuk perguruan tinggi ternama di Indonesia menyatakan sepakat untuk melakukan kerjasama.

"Cuma kendala saat ini kita belum punya sarana praktek dan laboratorium, termasuk membutuhkan dosen Strata 2 sebanyak enam orang, ini yang menjadi PR kita bersama," katanya.

Selain membahas masalah pendirian Politeknik, dalam rapat itu Pemkab Rohil juga menawarkan kepada perusahaan terkait jurusan yang dibutuhkan.

"Ada empat jurusan yang kita tawarkan kepada mereka diantaranya Teknik Perawatan Komputer, Terknik Proses Industri, Teknik Otomatif Industri dan Teknik Mesin," jelasnya.

Bahkan pihak perusahaan tersebut mendukung penuh terhadap wacana Pemkab untuk mendirikan Politeknik dan bersedia berkantor di Rokan Hilir.

"Memang ada juga wacana kita untuk membangun Balai Latihan Kerja, kemudian memanfaatkan sumur tua yang sudah tidak dikelola lagi oleh chevron. Nah, untuk menjawab semua itu tentunya kita minta komitmen dari perusahaan tersebut dan akhirnya mereka sangat mendukung bahkan siap untuk membantu," tuturnya.

Sekda menambahkan, pada prinsipnya rencana Pemkab Rohil ingin mendirikan Politeknik untuk menjawab visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, mengingat daerah ini memiliki kekayaan minyak bumi, hasil perkebunan, pertanian, perikanan dan lain sebagainya.

"Pak Bupati ingin menciptakan Industri Hulu untuk bisa mengatasi semua persoalan itu, makanya butuh SDM yang handal. Inilah alasan kita mendirikan Politeknik," katanya.

Saat ini Pemkab Rohil tengah mengurus perizinan kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

"Jadi sambil mengurus perizinannya, untuk tahap awal kita akan mengirim 10 orang dulu ke Politeknik Caltex Riau di Rumbai, Pekanbaru," imbuhnya. (adv)

Oleh Dedi Dahmudi