Bakal Bangun Perkantoran, Wabup Bengkalis Pastikan Status Lahannya Tidak Bermasalah

id bakal bangun, perkantoran wabup, bengkalis pastikan, status lahannya, tidak bermasalah

Bengkalis, (Antarariau.com) - Wakil Bupati Bengkalis, Provinsi Riau, Muhammad, memastikan status lahan yang bakal menjadi lahan pusat perkantoran pemerintah daerah di Desa Tenggayun, Kecamatan Bukit Batu, tidak bermasalah.

Wabup Muhammad di Bengkalis, Senin, menyebutkan telah mengingatkan kepada tim untuk memastikan status lahan yang bakal dijadikan pusat pemerintahan sudah sesuai dengan tata ruang dan tidak ada sengketa dengan masyarakat pemilik lahan.

"Hal ini penting, agar tidak ada muncul tuntutan dari pemilik lahan, sebelum dibangun, pastikan lahan tidak bermasalah. Karena masalah kedepan akan mengganggu proses pembangunan dan roda pemerintahan di daerah pemekaran ini," kata Muhammad dalam keterangannya.

Ia mengatakan, harapannya kepada masyarakat setempat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan Bandar Laksamana di masa mendatang.

Menurutnya, salah salah satu cara masyarakat berpartisipasi adalah pemilik lahan bisa menghibahkan lahan yang terkena pembangunan kawasan pusat pemerintahan kecamatan yang baru dimekarkan ini. Mengingat, pada hakekat pemekaran daerah akan memberikan "multiplayer effect" pada daerah setempat.

"Kami harapkan masyarakat merelakan lahannya untuk dihibahkan untuk pembangunan perkantoran, sehingga proses pembangunan dapat segera dilakukan," ujar Muhammad.

Sementara itu, Muhammad juga menyarankan agar pembangunan jalan menuju lokasi perkantoran dibuat dua jalur karena kawasan perkantoran tersebut berada tidak jauh dengan kawasan pariwisata pantai Tenggayun, sehingga membutuhkan infrastruktur yang memadai.

"Terkait infrastruktur pendukung, dinas terkait harus membuat master plan terpadu. Sebab di kawasan ini, nantinya tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tapi juga menjadi kawasan pariwisata handalan di Kabupaten Bengkalis," katanya.

Ia menjelaskan, ia bersama SKPD terkait telah meninjau lokasi lahan perkantoran tersebut, dan juga telah menyempatkan diri berziarah ke makam Datuk Laksamana Raja Dilaut beberapa waktu lalu. (adv)