Untuk 2016 ini, Dana Desa Bengkalis dari APBN Rp600-700 Juta

id untuk 2016, ini dana, desa bengkalis, dari apbn, rp600-700 juta

Untuk 2016 ini, Dana Desa Bengkalis dari APBN Rp600-700 Juta

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pada tahun ini, desa di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau akan menerima kucuran dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 600 hingga Rp 700 juta per desa.

“Untuk tahun ini, dana desa dari APBN meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya,” kata Bupati terpilih, Amril Mukminin dalam keterangannya di Bengkalis, Selasa.

Ia mengatakan, seluruh Kepala Desa dan pemangku kepentingan terkait di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, agar pemanfaatan dana tersebut benar-benar direncanakan, diorganisir, dilaksanakan dan diawasi dengan sebaik-baiknya.

“Setiap rupiah dalam penggunaannya harus betul-betul tertib administrasi dan didasarkan pada azas manfaat. Harus kedua-duanya. Bukan hanya tertib administrasi tapi mengabaikan azas manfaat. Harus bermanfaat bagi percepatan peningkatan perekonomian masyarakat dan kemandirian desa," kata Amril.

Selain itu, katanya lagi, dana desa yang diterima setiap desa harus dipergunakan secara transparan, pemanfaatannya juga harus tepat sasaran.

Menurutnya, dana yang mergulir didesa begitu banyak, baik itu dari APBN maupun dari APBD Kabupaten Bengkalis sendiri.

Dijelaskannya, setiap penggunaan dana desa tersebut harus sesuai dengan perundang-undangan serta harus dianggarkan dalam APBDesa 2016.