Pemkab Indragiri Hilir Usulkan Pembangunan Jembatan Baru

id pemkab indragiri, hilir usulkan, pembangunan jembatan baru

Pemkab Indragiri Hilir Usulkan Pembangunan Jembatan Baru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemkab Indragiri Hilir, Provinsi Riau mengusulkan pembangunan jembatan baru di wilayah Sungai Gergaji tepatnya di Kecamatan Keritang yang beberapa waktu lalu ambruk.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan kepada Plt Gubernur Riau Arsyad Djuliandi Rachman di Pekanbaru saat mengikuti pertemuan Rapat Koordinasi Kepala Desa dan Lurah Se-Provinsi Riau, Senin.

"Kami telah melaporkan langsung peristiwa ambruknya jembatan di Sungai Gergaji ini kepada Plt Gubernur Riau, dan Alhamdulillah semua pihak bergerak cepat untuk menindaklanjuti usulan kami untuk membangun jembatan baru," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Pekanbaru, Senin.

Wardan menyampaikan bahwa untuk menindak lanjuti usulan itu, Plt Gubernur Riau langsung memanggil Dinas Bina Marga Provinsi Riau yaitu Kabid pemeliharaan jalan jembatan, Novriman.

"Dalam waktu dekat ini jembatan baru di Sungai Gergaji akan dibangun melalui Dinas Bina Marga Provinsi Riau," katanya.

Dia mengatakan jembatan itu merupakan satu-satunya akses bagi masyarakat setempat menuju ibukota kecamatan yaitu Kotabaru.

"Mudah-mudahan upaya pengusulan pembangunan jembatan yang baru di Sungai Gergaji Kecamatan Keritang berhasil dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Upaya tindak lanjut mengenai usulan Bupati Indragiri Hilir kepada Plt Gubernur Riau akan dibicarakan dengan DPRD Provinsi Riau melalui Dinas Bina Marga Provinsi Riau.

Kabag Humas Setda Indragiri Hilir Ahmad Ramani mengatakan bahwa mengenai mekanisme dan prosedur penganggaran untuk perbaikan jembatan Inhil ini diharapkan dapat di perbaiki secepatnya, menjelang pembagunan usulan Defenitif jembatan yang baru pada 2016 sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang telah di sepakati oleh Pemkab Indragiri Hilir dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Dia mengatakan bahwa sebelumnya pada Jumat (30/10) Bupati Indragiri Hilir telah meninjau lokasi ambruknya jembatan itu yang didampingi oleh Plt Sekda Fauzar, Kepala Bappeda Tengku Juhardi, Kabag Humas Ahmad Ramani, Camat Keritang Ridwan dan Wakil Ketua Komisi C DPRD Riau Musyaffak Asikin.

"Jembatan tersebut sudah berumur sekitar 22 tahun dan pembangunan jembatan baru sebelumnya telah diusulkan beberapa kali," katanya. (adv)