Chevron Latih Keterampilan Dan Kewirausahaan Remaja Riau

id chevron latih keterampilan dan kewirausahaan remaja riau

Chevron Latih Keterampilan Dan Kewirausahaan Remaja Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Chevron Pacific Indonesia melatih keterampilan kerja dan kewirausahaan 132 remaja dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

"Chevron mulai menjalankan ini sejak tahun 2012, dengan tujuan meningkatkan keahlian generasi muda, membuka kesempatan kerja, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, " kata Manajer Komunikasi Operasi Sumatera Chevron, Tiva Permata di Pekanbaru, Jumat.

Peserta Program Pelatihan Kejuruan dan Kewirausahaan atau Vocational Training for Employment and Enterpreneurship perusahan migas itu hingga sekarang telah berjumlah 367 orang.

Pembukaan pelatihan tahun 2015 dilakukan di Auditorium Politeknik Caltek Riau (PCR). Pesertanya berasal dari Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Dumai.

Mereka akan mendapatkan pembekalan materi kejuruan, magang, pembekalan pengembangan usaha, serta akses permodalan.

Pelatihan itu membekali keahlian pengelasan, otomotif, menjahit, dan lainnya. Peserta peltihan adlah pemuda-pemudi yang tidak bisa melanjutkan pendidikan tinggi, menganggur, dan kondisi ekonomi lemah.

Kegiatan itu akan berlangsung selama satu bulan dengan dua pekan peserta pelatihan kejuruan dan praktik. Selanjutnya peserta magang di perusahaan rekanan Chevron, antara lain PT Honda Capella Dinamika Nusantara.

"Di akhir pelatihan, Chevron akan memberikan bantuan modal usaha dan sertifikat profesi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Migas dan PT Honda Capella Nusantara kepada 20 peserta terbaik di bidang pengelasan dan 10 peserta terbaik di bidang otomotif," jelasnya.

Tiva juga meyampaikan bahwa kemitraan Chevron dengan masyarakat dan pemerintah telah berjalan sejak mulai beroperasi 90 tahun lalu. Pihaknya percaya bahwa keberhasilan bisnis Chevron sangat terkait erat dengan kemajuan masyarakat.

Dalam menjalankan operasinya, Chevron berusaha meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di sekitarnya melalui program investasi sosial di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat VoTEE merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan pembukaan dihadiri Pengurus Yayasan Chevron Riau yang membawahi PCR, dan Direktur PCR Dr Hendriko, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir, Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai, Camat Tapung (Kabupaten Kampar), Camat Bonai Darussalam (Kabupaten Rokan Hulu), Camat Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, dan Lembaga Amil Zakat Chevron.