Bengkalis Gelar MUhasabah Akhir Tahun Sambut Satu Muharam

id bengkalis gelar, muhasabah akhir, tahun sambut, satu muharam

Bengkalis, (Antarariau.com)- Sempena pergantian Tahun Baru 1437 Hijriyah, umat Islam di Kota Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar muhasabah akhir tahun, di Masjid Istiqomah.

Peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah ini, diawali dengan sholawat baitul qurro yang dipandu oleh Razmah Alwi, Kemudian muhasabah akhir tahun diisi dengan ceramah oleh Ustadz Muslim dari Pekanbaru, dan dilanjutkan dengan doa akhir tahun pada Selasa malam (13/10).

Setelah mendengarkan tausiah dan doa akhir tahun, kemudian dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah, dan dilanjutkan dengan doa awal tahun dengan diiringi zikir atau istiqosah. Setelah melaksanakan istiqosah awal tahun, dilanjutkan dengan shalat Isya berjamaah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para jamaah yang terdiri dari masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, memenuhi masjid Istiqomah, dengan khusuk mendengarkan tausyiah yang disampaikan Ustadz Muslim.

Kabag Kesra Setda Bengkalis, Eri Kusuma Pribadi, mengatakan, kegiatan yang digelar tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pekan Muharam sempena menyambut Tahun Baru 1437 Hijriyah.

"Melalui muhasabah atau renungan akhir tahun 1436 ini, selain sebagai ajang untuk intropeksi diri bagi seluruh umat Islam, juga sebagai wahana untuk meningkatkan ajang silaturahmi," kata Kabag Kesra Setda Bengkalis, Eri Kusuma Pribadi di Bengkalis, Selasa malam.

Ia mengatakan, sejak dilaksanakan Pekan Muharam selama empat hari ini, antusias warga kota Bengkalis dan sekitarnya sangat besar. Hal ini terlihat dari respon warga untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan, seperti lomba pidato, lomba shalat berjamaah, barzanji. Bahkan ketika pawai zikir keliling kota Bengkalis, jumlah peserta ikuti mencapai 2.000 orang.

Sementara itu, malam puncak Peringatan 1 Muharam 1437 H. dilanjutkan dengan penampilan peserta terbaik lomba pidato., tausyiah dari KH Fahmi Salim LC, MA dari Jakarta. (Adv)