Pemko Pekanbaru Inventarisir Lokasi Cagar Budaya

id , pemko pekanbaru, inventarisir lokasi, cagar budaya

  Pemko Pekanbaru Inventarisir Lokasi Cagar Budaya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan, mulai melakukan kajian terhadap seluruh lokasi yang patut menjadi situs cagar budaya untuk kepentingan konservasi.

"Target pemko akhir tahun ini atau maksimal tahun depan sudah ditetapkan SK (Surat Keputusan) wali kota cagar budaya ini," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pekanbaru, Hermanius, di Pekanbaru, Rabu.

Hermanius menyebutkan sejauh ini Pekanbaru belum memiliki hak paten dan ketetapan tentang kepemilikan situs cagar budaya.

Padahal wilayah ini memiliki cukup banyak lokasi-lokasi sejarah yang merupakan peninggalan nenek moyang Melayu.

Karena itu melalui Dispar, pihaknya sudah merancang mulai membenahi hal ini, dengan kajian ilmiah dulu.

"Seluruh cagar budaya yang ada yang patut diduga itu cagar budaya akan dikaji kepantasan dan kelayakannya," beber Hermanius.

Tujuannya jelas untuk pengembangan daerah wisata cagar budaya di Pekanbaru kedepan.

Diharapkan dengan demikian pemko akan bisa mengembangkan lokasi ini menjadi tempat yang pantas di kunjungi para wisatawan lokal maupun manca negara.

"Dengan diikuti perbaikan situs, pembangunan akses jalan, dan fasilitas penunjang lainnya," tutur Hermanius.

Menurutnya upaya ini akan jadi agin segar bagi warga Pekanbaru dan pemerintah dalam rangka menyediakan tempat-tempat layanan wisata baru. Apalagi ditengah miskinnya lokasi berwisata saat ini.

Hermanius untuk pengkajian ini, menjelaskan mendatangkan akelog, ahli sejarah, budaya dari daerah lain bekerjasama dengan daerah setempat.

Sehingga hasil kajian yang diperoleh merupakan standar dan baku yang dapat dijadikan dasar penetapan lokasi situr cagar budaya nasional.

Ia juga berharap kedepan dengan demikian beberapa situs cagar budaya yang besar seperti komplek makam Marhum Pekan yang berada di kompleks Masjid Raya Pekanbaru.

Ada makam pendiri Pekanbaru beserta kerabat Kerajaan Siak abad ke-18 dan Tapak awal Masjid Nur Alam Jalan Masjid Raya Pekanbaru dan sebagainya. Akan bisa menjadi lokasi wisata nasional juga yang diperhitungkan.