PDIP Riau Wawancara "Balon" Untuk Pilkada Serentak

id pdip riau, wawancara balon, untuk pilkada serentak

PDIP Riau Wawancara "Balon" Untuk Pilkada Serentak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau saat ini tengah melakukan wawancara terhadap bakal calon untuk pemilihan kepala daerah serentak pada sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau, setelah sebelumnya melakukan penjaring pada setiap pendaftar.

"Tiga hari ini DPD PDI-P akan memanggil dan sudah menyurati agar 70 nama yang sudah mendaftar dan sudah mengembalikan formulir ke PDIP untuk mengikuti tes wawancara langsung," kata Ketua DPD PDIP Riau, Kordias Pasaribu di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan, dalam wawancara tersebut bertujuan untuk menanyakan keseriusan para bakal calon (balon) yang mendaftar. Karena menurutnya, orang-orang yang seriuslah yang akan dibawa ke tahapan seleksi selanjutnya, yakni ke tingkat Dewan Pimpinan Pusat PDIP

"Jadi hasil wawancara tiga hari ini akan kita sampaikan ke pusat dan nama-nama ini lah nanti yang akan diminta untuk melanjutkan uji kelauakan dan kepatutan ke tahap berikutnya yang dilakukan oleh DPP," sebutnya.

Pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu menurut anggota DPRD Riau ini akan dilakukan di Batam tanggal 23 Mei mendatang. Namun, melihat kondisi Riau akan banyaknya balon yang ikut, pihaknya akan coba meminta diadakan di Kota Pekanbaru saja.

"Puluhan orang yang akan mengikuti nantinya. Supaya caranya lebih efesien kita minta diadakan di Pekanbaru saja khusus untuk Riau. Karena sebagian besar calon yang mendaftar inikan ada juga yang petahana. Kita tidak mau mengganggu kewajiban mereka sebagai kepala daerah," harapnya.

Jumlah yang mendaftar sendiri di setiap kabupaten/kota, Kordias mengakui bahwa PDI-P menjadi partai yang disukai. Dari sembilan daerah itu yang paling banyak mendaftar di Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Siak.

"Ada yang sampai sembilan orang dan tidak ada yang sedikit. Sepertinya partai kita di sukai oleh para calon bupati," tutupnya.

Seperti diketahui di Riau akan diselenggarakan pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota. Diantaranya tiga kabupaten tersebut di atas kemudian Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Dumai.