Pemkab Indragiri Hilir Jalin Kerjasama Dengan Karimun

id pemkab indragiri, hilir jalin, kerjasama dengan karimun

Pemkab Indragiri Hilir Jalin Kerjasama Dengan Karimun

Tembilahan, (Antarariau.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir, Provinsi Riau akan menjalin hubungan kerjasama dengan pihak pemerintah Kabupaten Karimun diberbagai bidang dan sektor dan kesepakatan ini dibicarakan langsung oleh kedua pihak di Balai Kantor Bupati setempat.

"Kerjasama akan dilakukan dalam bidang Pendidikan, Kesehatan, Perhubungan, Perindustrian dan perdagangan, Pariwisata dan Budaya, Perikanan dan kelautan, Pertanian Perkebunan dan Kehutanan, serta Tenaga Kerja antar kedua daerah," kata Asisten I Setda Kabupaten Indragiri Hilir, Darussalam, di Tembilahan, Jumat.

Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya pihak Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir juga telah mencoba memikirkan dan mencanangkan kegiatan kerjasama antar beberapa daerah baik dalam provinsi maupun antar provinsi.

"Kerjasama yang akan dilakukan dengan pemerintah Kabupaten Karimun ini merupakan kerjasama antar daerah yang pertama yang dijalin oleh Kabupaten Indragiri Hilir," ujarnya.

Namun, meski demikian, dia mengatakan sampai saat ini masih terdapat beberapa hal yang perlu ditinjau dan dibahas ulang terutama dibidang pendidikan.

"Tetapi intinya, pertemuan kami hari ini adalah mencoba untuk membahas secara detail dan konkrit mengenai bentuk kerjasama yang akan dilakukan," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa nantinya kerjasama yang dijalin ini akan memberikan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak yaitu, pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir dan Karimun.

"Gambaran awalnya ada pada beberapa bidang seperti dari sisi transportasi, kesehatan, pendidikan dan ketenaga kerjaan," jelasnya.

Menurut dia dengan dikembangkannya wilayah Kabupaten Karimun menjadi kawasan industri maritim dan banyaknya investor-investor asing yang masuk, akan menyebabkan daerah tersebut berkembang pesat dan akan membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Dan dalam hal ini tentu saja pihak kami akan mempersiapkan tenaga-tenaga kerja handal yang berasal dari putra dan putri daerah sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan nantinya," paparnya.

Kemudian selain itu dia menyampaikan bahwa untuk kedepannya tindakan lebih lanjutnya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan membuat rincian dan rancangan kerjasama ini untuk ditanda tangani oleh kepala daerah setempat, yaitu H. Muhammad Wardan.

Asisten II Setdakab Karimun, Arnadi Supa’at mengakui bahwa pihaknya sengaja melakukan kunjungan ke daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Sebab menurutnya, penjajakan mengenai rencana ini memang perlu dilakukan.

"Kerjasama seperti ini memang harus dibahas secara detail oleh kedua belah pihak," jelasnya.

Pembahasan kerjasama ini dihadiri oleh Asisten I Setdakab Indragiri Hilir, Darussalam dan Asisten II Setdakab Karimun Arnadi Supa’at serja jajaran SKPD kedua pihak, serta disaksikan juga oleh Ketua Komisi I, II, III, dan IV DPRD Kabupaten setempat. (Adv)