Kampar Gelar Seminar Rencana Penanggulangan Bencana

id kampar, gelar seminar, rencana penanggulangan bencana

Bangkinang, (Antarariau.com) - Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Nurahmi membuka secara langsung acara seminar Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar, Rabu (10/12), bertempat di Hotel Bangkinang Baru, Jalan DI Panjaitan, Bangkinang Kota.

Acara seminar ini dilaksanakan didasari karena wilayah Kabupaten Kampar sering terjadi bencana alam yaitu banjir tahunan terutama di beberapa kecamatan. Jadi untuk mengantisipasi itu, maka BPBD Kampar mengelar acara seminar RPB.

Kabupaten Kampar walaupun mengalami bencana seperti yang terjadi di daerah lain yaitu ancaman gunung meletus, gempa bumi dan tsunami, namun ancaman bencana yang sering melanda masyarakat di kabupaten Kampar adalah bencana banjir dan tanah longsor, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang berulang kali terjadi dan telah menyebabkan kerugian material yang luar biasa.

Oleh karena itu, untuk penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, dimana masyarakat adalah sebagai pelaku utama karena masyarakat lah yang terlebih dahulu merasakan dampak langsung dari suatu bencana, masyarakat juga yang akan merasakan kerugian yang diakibatkan suatu bencana.(Adv)