Bupati Inhil: Desa Harapan Jaya Luar Biasa

id bupati inhil, desa harapan, jaya luar biasa

Bupati Inhil: Desa Harapan Jaya Luar Biasa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir M Wardan menyatakan, perkembangan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Tempuling sangat luar biasa karena semua program memajukan desa sudah ada di daerah itu.

"Setelah saya melihat pemaparan dari Kepala Desa dan Yayasan Mitra Insani, Desa Harapan Jaya sungguh luar biasa. Apa yang akan kami programkan bagi desa sudah ada dan lengkap di sini," katanya di Desa Harapan Jaya, Kamis.

Dia mencontohkan seperti sistem data pada desa itu yang sudah canggih sehingga membuat pelayanan menjadi cepat dan mudah. Hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan sudah bisa diketahui semua riwayat penduduk.

Selain itu, untuk membuat surat tertentu hanya dipilih saja dan langsung bisa dicetak dalam waktu lima menit.

"Kabupaten saja untuk pengesahan Peraturan Desa Harapan Jaya tentang pencegahan kebakaran lahan satu tahun belum selesai," katanya.

Karena itu, kata dia, wajar Harapan Jaya masuk desa kategori mandiri di Indragiri Hilirdan mendapatkan anggaran Rp1,2 miliar per tahun.

Dia mengatakan, pemerintahannya memiliki program bantuan ke desa. Dari 236 desa di Inhil, hanya enam desa yang masuk kategori mandiri atau maju termasuk Desa Harapan Jaya.

Selain itu, dia juga mengagumi kekompakan masyarakat desa yang bisa buat peta administratif dan kontur sendiri, bahkan sudah punya "Master Plan" berdasarkan peta itu. Kekaguman lainnya adalah adanya pusat internet di desa tersebut berkat bantuan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Desa Harapan Jaya sendiri sebelumnya dipilih oleh Kominfo karena memiliki situs sendiri yakni www.harapanjaya.desa.id. Melalui situs itu pula desa ini mendapatkan bantuan peralatan pemadam kebakaran untuk Masyarakat Patroli Api (MPA) setempat dari DPRD Inhil.

Kepala Desa Harapan Jaya, Rasidi mengatakan, MPA daerahnya termasuk salah satu yang aktif di Riau. Bahkan tidak hanya memadamkan kebakaran di Harapan Jaya, tapi juga desa tetangga.

"Kita dapat bantuan Rp150 juta dari ketua DPRD Inhil karena anggota menyuarakannya di halaman situs kita," katanya.