Ratusan Pelajar Dapat Edukasi SKK Migas-Chevron

id ratusan pelajar, dapat edukasi, skk migas-chevron

Pekanbaru, (Antarariau.com) - SKK Migas Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan 9 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Riau mendatangkan 255 pelajar SMA di Kota Pekanbaru untuk menghadiri Program Edukasi Migas di Stand SKK Migas bersama PT Chevron Pasific Indonesia pada Riau Expo 2014.

"Riau Expo merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh SKK Migas bersama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di Provinsi Riau salah satunya Chevron," kata Manajer Komunikasi Chevron, Tiva Permata lewat pesan elektronik yang diterima, Kamis.

Pada Riau Expo 2014, SKK Migas memiliki beberapa kegiatan seperti lomba cerdas cermat, kuliah umum untuk tingkat mahasiswa, edukasi migas dan lomba "yel-yel" tingkat SMA, foto booth dengan latar belakang rig sumur minyak, display contoh batu-batuan dan minyak bumi, miniatur pompa angguk dan kapal minyak, serta belajar membatik.

"Edukasi migas merupakan salah satu program andalan kami di Riau Expo 2014. Kami mendatangkan 225 pelajar dari 9 SMA yang berada di Kota Pekanbaru. Kami mengundang sekolah-sekolah yang belum pernah mengikuti edukasi migas pada Riau Expo tahun sebelumnya," kata Tiva Permata.

Pada edukasi migas, lanjut dia, para pelajar diberikan informasi umum mengenai eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas. Kemudian setiap sekolah akan memilih 3 pelajar untuk mewakili sekolahnya mengikuti lomba cerdas cermat SKK Migas yang akan dilaksanakan pada Sabtu (27/9).

Selama edukasi migas dilaksanakan, kata Tiva, para pelajar terlihat antusias, sejumlah pertanyaan terucap dari mulut mereka.

Rafli, pelajar SMAN 3 Pekanbaru mengatakan; ¿Saya mendapatkan banyak informasi mengenai industri migas, sebelum mengikuti edukasi migas, saya hanya mengenal Chevron sebagai satu-satunya perusahaan minyak yang ada di Provinsi Riau. Tapi sekarang saya mengenal beberapa perusahaan minyak lainnya seperti BOB dan Medco¿.

Ia mengaku mendukung kegiatan edukasi migas, karena menambah wawasan para pelajar mengenai industri migas.

"Saya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan pada tahun berikutnya," kata Afriati, guru SMA Negeri 3 Pekanbaru.

Tidak hanya pelajar SMA, kata Tiva pelajar SD dan SMP pun ikut menyaksikan edukasi migas yang dilaksanakan di stand SKK Migas.

"Mereka terlihat antusias mengunjungi stand SKK Migas, beberapa di antara mereka bahkan ikut belajar membatik. Seolah tidak mau kalah dengan pelajar lainnya, sejumlah murid TK memadati stand SKKMigas, mereka mengelilingi miniatur pompa angguk dan kapal minyak yang berada di sana," katanya.

Suasana stand SKK Migas menjadi semakin meriah, saat murid TK berebutan memanggil juru penerang (stand guide) yang sedang membagikan kipas bergambar gajah yang menjadi salah satu cendera mata di stand SKK Migas