Bengkalis Kembangkan Produk Lokal Dukung Wisata Belanja

id bengkalis, kembangkan produk, lokal dukung, wisata belanja

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kini terus mengembangkan aneka produk lokal mulai dari makanan khas daerah itu, kerajinan dan fokus khusus di Pulau Rupat yakni di kecamatan Rupat dan Rupat Utara.

"Produk lokal ini tentunya harus mendapatkan sentuhan kemasan yang menarik sehingga bisa bernilai saing tinggi dan akan terus diminati para wisatawan," kata Bupati Bengkalis, di Bengkalis, Senin.

Menurut dia jika masyarakat daerah ini terus mengembangkan aneka produk lokal yang merupakan khas daerah itu maka diyakini bisa meningkatkan perekenomian masyarakat.

Apalagi katanya, Rupat potensial menjadi daerah tujuan wisata bahari yang menjadi salah satu unggulan pariwisata Kabupaten Bengkalis, Propvinsi Riau .

"Oleh karena itu, wisata belanja menjadi kegiatan utama pariwisata dan sebuah kebiasaan siapapun pasti akan tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh khas daerah yang telah dikunjungi selain menjadi kenangan tersendiri," katanya.

Ia berharap wisatawan yang berkunjung ke Rupat, bisa menginap untuk beberapa hari dan menghbaiskan uangnya di daerah ini untuk berbelanja berbagai oleh-oleh dan cinderamata khas daerah ini.

Untuk mendukung Rupat sebagai daerah tujuan wisata, maka Pemkab Bengkalis kini terus menggiatkan pembangunan infrastruktur jembatan serta jalan poros dari Batu Panjang ke Pangkalan Nyirih melalui proyek "multiyears". Kini masyarakat Rupat juga telah menikamti penerangan listrik 24 jam.

"Kita optimistis bahwa beberapa tahun ke depan Pulau Rupat akan makin ramai dikunjungi, dan masyarakat Rupat hendaknya terus berperan aktif dalam membangun daerahnya dan mereka dapat mengakses permodalan melalui program UED-SP," katanya dengan demikian Rupatakan terus menggeliat di sektor pariwisata sebagai gerbang mempromosikan produk lokal itu.