Taksi listrik pertama di Sumatera resmi hadir di Bandara Pekanbaru, ini peran PLN

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PLN

Taksi listrik pertama di Sumatera resmi hadir di Bandara Pekanbaru, ini peran PLN

Peluncuran taksi listrik untuk melayani penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru. (ANTARA/HO-PLN)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka mendukung penuh langkah pemerintah dalam mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Tanah Air, PT PLN (Persero) bersama Evista Puskopau Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menjalin kerjasama salah satunya pemberian insentif biaya penyambungan pasang baru electric vehicle (EV). Tidak hanya insentif, PLN juga memberikan layanan eksklusif pemasangan home charging untuk layanan taksi listrik pertama di Sumatera yang resmi beroperasi di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK) pada Senin (23/9).

Owner Evista Puskopau Pekanbaru Erlang Hadiwiguna mengaku bangga menjadi bagian dari ekosistem kendaraan listrik. Dengan dukungan dari PLN, kegiatan operasional taksi telah beralih dari penggunaan kendaraan berbasis bahan bakar fosil menjadi kendaraan berbasis listrik.

"Dengan kendaraan listrik ini, kami merasa lebih berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon. Sekarang biaya operasional kami menjadi lebih rendah dan lebih efisien. Saya yakin dengan program ini akan membantu mendorong masyarakat menuju perubahan positif dan meningkatkan kesadaran guna menjaga lingkungan kita," ungkap Erlang.

Secara terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau Tonny Bellamy menyampaikan, komitmen PLN dalam menyiapkan infrastruktur penunjang kendaraan listrik mulai pasokan listrik serta turut menyediakan fasilitas SPKLU, SPBKLU, SPLU hingga layanan home charging yang terintegrasi dengan PLN Mobile sebagaimana penugasan dalam Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“PLN berkomitmen mendukung program pemerintah untuk transisi energi, salah satunya melalui akselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kami siap berkolaborasi dalam pengembangan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung kenyamanan pengguna kendaraan listrik,” kata Tonny.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekanbaru, Yusuf Hadiyanto menyampaikan, PLN bersama Evista Puskopau Pekanbaru telah berkolaborasi dalam upaya mewujudkan ekosistem kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan tren masa kini yaitu penggunaan kendaraan listrik yang lebih praktis dan rendah emisi.

"Evista Puskopau Lanud RSN Pekanbaru telah menjadi contoh dalam industri energi dengan tindakan nyata untuk mendukung Program Electrifying Lifestyle dan Program Riau Hijau. Dahulu, mereka sangat bergantung pada penggunaan energi fosil, namun kini telah beralih menggunakan energi bersih untuk operasionalnya.

Taksi Listrik akan membantu Evista Puskopau Pekanbaru mengurangi jejak karbon mereka, serta memberikan manfaat berupa efisiensi biaya penggunaan bahan bakar minyak. Kami berharap kolaborasi ini menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya untuk mengikuti jejak Evista Puskopau Pekanbaru dalam menerapkan penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dalam operasionalnya,” ujar Yusuf.