LAM Dukung Desakan RTRW Riau Disahkan

id lam dukung, desakan rtrw, riau disahkan

LAM Dukung Desakan RTRW Riau Disahkan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau secara resmi memberi dukungan kepada pemerintah provinsi setempat untuk mendesak agar Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan segera menetapkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau.

Sebagai bentuk dukungan LAM Riau, maka dikeluarkan warkat maklumat atau surat pemberitahuan tentang sikap lembaga adat itu dalam percepatan pengesahan RTRW, setelah sebelumnya Gubernur Riau Annas Maamun bersilaturahim ke LAM Riau.

"Ini (warkat maklumat) sebagai bentuk dukungan kita atas upaya gubernur Riau dalam mempercepat pengesahan RTRW di provinsi ini," ujar Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Tennas Effendi di Pekanbaru, Jumat.

Menurutnya, LAM Riau akan menemui langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelang akhir masa jabatannya yang tinggal sekitar lima bulan lagi dengan tujuan untuk mempercepat pengesahan RTRW Provinsi Riau.

Dia mengaku, pihaknya akan menemui langsung Presiden SBY untuk mempercepat pengesahan RTRW Riau. Hubungan masyarakat Riau dengan Presiden SBY sangat baik karena LAM pernah memberikan gelar adat.

"Kita minta gelar adat yang disandang sebagai jaminan moral untuk memperhatikan nasib masyarakat Riau ke depan," katanya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau Al Azhar mengatakan, isi dari warkat maklumat yakni mendukung Gubernur Riau Annas Maamun dan seluruh jajaran Pemprov Riau untuk mempercepat serta mendesak Menhut menandatangani RTRWP Riau.

Lalu meminta gubernur Riau untuk membicarakan masalah tersebut dengan pimpinan tertinggi Republik Indonesia Presiden SBY dan sekaligus meminta mengambil tindakan tegas kepada menteri terkait karena menunda mensahkan RTRW Riau tanpa alasa jelas.

"Terakhir, meminta kepada Presiden SBY selaku pemegang gelar adat Melayu Riau Sri Indra Setia Amanah Wangsa Negara untuk sudi kiranya memposisikan diri sebagai bagian yang menyatu dengan kepentingan masyakarat Riau," ucapnya.

Pada Kamis (12/6), Pemprov Riau melakukan silaturahim ke Lembaga Adat Melayu Riau dalam rangka mendesak Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan untuk pengesahan RTRW Provinsi Riau yang hingga kini tidak kunjung disetujui.

"Jadi hari ini kita meminta bantuan LAM untuk menemui Menhut, supaya RTRW Riau itu segera disahkan. Karena ini menghambat proses pembangunan," ucap Gubernur Riau, Annas Maamun.

Jika LAM Riau gagal membujuk Menhut untuk segera mengesahkan RTRW Riau tahun ini, maka pihaknya akan tempuh jalur hukum. "Kita Polisikan Menhut, karena dianggap melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan menghambat pembangunan," tegasnya.