Pentingnya data berkualitas untuk kemajuan daerah

id BPS Meranti ,Dinas Kominfotik Meranti,Diskominfotik Meranti

Pentingnya data berkualitas untuk kemajuan daerah

Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Meranti menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Rilis Publikasi Kabupaten Kepulauan Meranti Dalam Angka 2024 dan Pelaporan Metadata dan Rekomendasi Statistik di Ruangan Command Center Dinas Kominfotik, Selatpanjang, Selasa (27/2/2024). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Kepulauan Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Staf Ahli Bidang Ekonomi Dan Keuangan Setda Kabupaten Kepulauan Meranti, Randolph Willy Hutauruk mengatakan pentingnya menyajikan data berkualitas untuk kemajuan daerah.

Untuk itu, dia sangat mendukung kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS), mengenai Persiapan Rilis Publikasi Kabupaten Kepulauan Meranti Dalam Angka 2024 dan Pelaporan Metadata dan Rekomendasi Statistik.

"Kegiatan ini dianggap sangat penting, karena perencanaan tanpa data sama saja seperti perjalanan orang buta. Oleh karena itu, kebutuhan data menjadi sangat krusial dalam menjamin tersajinya data yang terkualifikasi, terstruktur dan terstandarisasi," ujarRandolph saat membuka kegiatan tersebut di ruangan Command Center Dinas Kominfotik, Selatpanjang, Selasa.

Data yang tepat, lanjut Randolph, akan menghasilkan perencanaan yang tepat, sehingga target yang disusun akan lebih terukur. Kemudian bisa memudahkan perbaikan dalam penyiapan data sektoral dan data daerah dalam angka ke depannya.

"Hal ini juga dalam upaya menjalankan amanat Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Bupati Nomor 92 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia, dalam menjamin pengolahan dan penyajian data yang berkualitas bagi daerah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kepulauan Meranti Sumi'rad melalui Kasubag Umum Andri Suhery menyebutkan, saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami banyak perubahan data dari sebelumnya. Pihaknya berkewajiban memastikan data-data tersebut memenuhi kualifikasi.

"Saat ini telah terjadi banyak perubahan, dimana sebelumnya BPS sebagai produsen data. Sekarang kita harus ikut menjamin data tersebut memenuhi kualifikasi. Untuk itu, kita beri pembekalan dan melatih perangkat daerah melalui mekanisme pengisian metadata pada masing-masing perangkat daerah," terangnya.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfotik, Budi Hardiantika memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan itu. Ia berharap melalui FGD ini kebutuhan data statistik di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti dapat terpenuhi secara optimal.

"Kami apresiasi langkah yang dilakukan BPS, serta berterimakasih kepada seluruh perwakilan perangkat daerah telah memenuhi undangan untuk kepentingan kita bersama. Mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini, kebutuhan metadata statistik Meranti dapat terpenuhi," ujar Budi.