Bengkalis Targetkan 2015 Seluruh Desa Miliki Amabulance

id bengkalis targetkan, 2015 seluruh, desa miliki amabulance

Bengkalis Targetkan 2015 Seluruh Desa Miliki Amabulance

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, menargetkan seluruh desa atau 102 desa di daerah itu sudah akan memiliki ambulance pada 2015.

"Ambulance tersebut perlu diperbanyak karena keberadaannya penting sebagai sebuah kendaraan pengangkut yang digunakan untuk membawa orang yang sedang sakit, dan lengkap dengan peralatan kesehatannya serta tenaga medisnya," kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh di Bengkalis.

Sebelumnya Bupati Bengkalis menyerahkan dua unit ambulance desa untuk Desa Tanjung Punak dan Titi Akar Kecamatan Rupat Utara.

Menurut Herliyan, Pemkab Bengkalis sudah memprogramkan pemberian bantuan ambulance desa sejak 2011 sebanyak lima unit, kemudian pada 2012 sebanyak 25 unit dan tahun anggaran 2013 sebanyak 30 unit.

Ia menyebutkan, total ambulance desa yang diserahkan selama tiga tahun ini sebanyak 61 unit, untuk lebih meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Insya Allah, pada tahun 2015 seluruh desa atau 102 desa di Kabupaten Bengkalis telah memiliki ambulance," katanya.

Dia menambahkan bahwa bagi kepala desa yang baru saja menerima ambulance, diharapkan agarbisa memeliharanya dengan baik.

Sebab, katanya lagi, kepala desa bertanggungjawab sepenuhnya atas operasional ambulance, honorarium supir dan penyediaan bahan bakar minyak untuk ambulance ini.

Sedangkan seluruh biaya, katanya, tentunya yang dikeluarkan untuk operasional ambulance termasuk perawatan dan pemeliharaan kendaraan tersebut bisa diambil dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).

"Target pengadaan ambulance tersebut bagian dari percepatan upaya Pemkab Bengkalis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan bagian dari program tersebut pemerintah Kabupaten Bengkalis telah meningkatkan status sejumlah pukesmas dari rawat jalan menjadi rawat inap," katanya.

Ke depan pihaknya akan membangun beberapa Puskesmas dan Pustu sehingga pelayanan kesehatan lebih maksimal bisa diberikan pada masyarakat.

Secara Administrasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis terbagi dalam 8 Kecamatan, 102 Kelurahan/Desa dengan luas wilayah 7.793,93 km persegi. Tercatat jumlah penduduk Kabupaten Bengkalis 498.335 jiwa