Puluhan polisi di Pekanbaru bersihkan vihara jelang tahun baru Imlek

id Tahun baru Imlek,Satbrimob Polda Riau

Puluhan polisi di Pekanbaru bersihkan vihara jelang tahun baru Imlek

Personel Satbrimob Polda Riau saat gotong royong membersihkan vihara jelang tahun baru Imlek. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 69 personel Satbrimob Polda Riau bergotong-royong membersihkan Vihara Kwan Tee Kong Bio, Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai, jelang Tahun Baru Imlek 2575, Sabtu.

Wadansat Brimob Polda Riau AKBP M. Aries Purwanto memimpin langsung kegiatan bakti sosial ini. Dikatakannya, kegiatan ini diadakan sebagai bentuk toleransi Brimob Riau kepada umat beragama Buddha yang sebentar lagi akan merayakan Tahun Baru Imlek 2575.

"Hal ini kami lakukan untuk memelihara harmonisasi. Terlebih sebentar lagi tahun baru Imlek bagi pemeluk agama Konghucu. Kami membersihkan seluruh tempat yang diperbolehkan untuk kami masuki," sebutnya.

Momen ini sekaligus dimanfaatkan untuk menyampaikan seruan pemilu damai kepada masyarakat, untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat menjelang Pemilu 2024.

Toni selaku Pengurus Vihara mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya hal ini bisa menciptakan hubungan harmonis antara Polri dan masyarakat.

"Pihak klenteng merasa sangat terbantu karena bersih-bersih memang tradisi menyambut Imlek. Semoga kegiatan ini menjadi pahala dan berkah," ujar Toni.

Lebih lanjut dipaparkan Toni, adapun rangkaian kegiatan menjelang Imlek yaitu sembahyang sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan karena setahun ini telah berjalan dengan baik.

Kemudian pembersihan menyeluruh agar Umat Konghucu menyambut tahun baru dengan keadaan dan hati bersih, sehingga setahun ke depan juga berjalan lancar.