Annisa Resty jadi Duta Anak Kampar 2023

id Duta anak kampar, berita kampar

Annisa Resty jadi Duta Anak Kampar 2023

Finalis Duta Anak Kampar. (ANTARA/

Bangkinang Kota (ANTARA) - Annisa Resty terpilih sebagai juara I Duta Anak Kampar, Afifah Syahirah sebagai runner Up I dan Syifa Sabrina sebagai runner Up II pada Grand Final Duta Anak Kampar 2023 di aula Kantor Bupati, Rabu.

Annisa Resty adalah siswa SMAN 1 Tambang yang berhasil menyingkirkan sembilan orang dari beberapa kecamatan se-Kabupaten Kampar yang terpilih menjadi top 10 finalis Duta Anak Kampar. Afifah Syahirah dari SMA Mu'allimin dan Syifa Sabrina dari SMANSA Bangkinang Kota.

Selain itu, Muhammad Zaki Aslam sebagai Duta Pelopor dan Pelapor dari Kecamatan Kampa, Chintia Wulandari sebagai Duta Berbakat dari Kecamatan Bangkinang Kota, Carissa Rivaya Azzuhrri sebagai Duta Favorit dari Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

Penetapan pemenang ini melalui tiga tahap penilaian dari tim juri yakni Kabid Perlindungan Anak Satiti Rahayu, Kabid KB Dwi Andriani dan wartawan LKBN ANTARA Netty Mindrayani yang menilai tentang penguasaan materi dalam menjawab beberapa pertanyaan, publik speaking, attitude, penilaian penampilan dari para finalis.

Para finalis diberikan selempang bertuliskan Duta Anak Kampar 2023 oleh Duta Anak Kampar 2022 Niken Khairunnisa Rarasati. Anak-anak dari Forum Anak Kampar yang menaja acara ini juga mendapatkan piala, sertifikat dan uang sebagai juara pada pelatihan jurnalistik yang dilatih oleh Netty Mindrayani dua bulan lalu.

Mereka yang menjadi juara semuanya dari MA Mualimin Bangkinang Kota yakni Aisyah juara I, Mifta Khoirunnisa sebagai juara II dan juara III Najmah Al-Munawwarah serta juara harapan I Ketua Forum Anak Kampar Saadan Ramadhan.

“Semoga duta-duta yang terpilih itu ke depannya semakin semangat lagi menjadi pejuang hak anak sehingga hak-hak anak yang ada di Kabupaten Kampar dapat terpenuhi secara maksimal,” ucap Niken Khairunnisa Rarasati selaku Duta Anak Kampar 2022.

Sementara itu Annisa Resty merasa sangat bahagia bisa meraih sebagai juara. "Hal yang akan dilakukan sebagai Duta Anak Kampar terutama adalah pemenuhan hak dan perlindungan anak dengan menjalankan program kerja yang akan dirancang,” ujarnya usai acara itu.

Kabid Perlindungan Anak Satiti Rahayu merasa sangat bangga terhadap kreativitas Forum Anak Kampar yang sukses menaja acara itu.

"Mereka Forum Anak Kamparsangat kreatif, selama sebulan mereka mempersiapkan acara ini, kami dari DPP KBPPPA Kampar hanya menyetujui semua rangkaian acara yang mereka persiapkan. Saya bangga dan salut, ini patut diberikan apresiasi setinggi-tingginya dan perlu mendapat dukungan semua pihak," ujarnya.

Di sisi lain,Netty Mindrayani berharap kegiatan seperti ini bisa mendapatkan perhatian yang lebih besar lagi terutama dari pemerintah daerah Kabupaten Kampar. Menurutnya anak-anak muda yang begitu bersemangat dan kreatif ini adalah aset daerah yang harus mendapatkan dukungan serta motivasi dari semua pihak untuk menghindari dari segala macam tindakan negatif untuk menyelamatkan generasi muda harapan bangsa.

Hadir dalam acara itu Bunda Anak-anak Kampar yang juga sebagai Analis Kebijakan Muda Subkord Pemenuhan Hak Anak Nilawati, dari utusan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), OSIS SMAN 1 Bangkinang Kota, OSIS SMAN 2 Bangkinang Kota, OSIS SMKN 1 Bangkinang, OSIS SMPN 1 Bangkinang Kota dan OSIS SMPN 2 Bangkinang Kota. Selain itu Duta Genre, Bujang Dara dan Duta Remaja serta para orang tua peserta finalis.

Acara itu berlangsung sangat meriah, diselingi berbagai tarian kreasi dan lagu-lagu solo penampilan dari Afifah Syahirah, Jordi, Theo Pasaribu yang bersuara merdu memukau para tamu undangan yang hadir.