Warga Pekanbaru bisa nikmati menu khas Yogyakarta di Gudeg Mbah Putri

id Gudeg Mbah Putri,Gudeg pekanbaru

Warga Pekanbaru bisa nikmati menu khas Yogyakarta di Gudeg Mbah Putri

Salah satu menu makanan yang disajikan di Gudeh Mbah Putri Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Masyarakat Pekanbaru tak perlu pergi jauh-jauh ke Yogyakarta untuk mencicipi kuliner khas gudeg. Gudeg Mbah Putri kini hadir di Jalan Balam, Sukajadi, dan bisa menjadi pilihan saat ingin menikmati gudeg yang nikmat.

Gudeg Mbah Putri yang sudah berdiri sejak 2016 menyajikan berbagai menu otentik khas Jawa Tengah dan Yogyakarta yang mampu diterima oleh lidah orang Sumatera. Menu yang disajikan berdasarkan resep turun temurun yang hanya diberikan kepada keturunan perempuan dalam keluarga ini.

Berangkat dari rasa rindu akan kampung halaman usai merantau ke luar Pulau Jawa, menjadi latar belakang didirikannya resto ini. Tak hanya nikmat, sajian yang dihidangkan juga sehat karena menggunakan bahan-bahan organik.

Pemilik Gudeg Mbah Putri, Yeviani Oktora saat ditemui, Jumat, menilai perlu memperkenalkan dan membiasakan memilih menu makanan sehat untuk diri sendiri maupun keluarga.

“Agar wisata kuliner tidak mengganggu kesehatan, kita harus bijak dalam memilih makanan. Tentunya, selain tempat yang higienis dan rasa yang otentik, kita juga perlu mempertimbangkan bahan baku makanannya," ujarnya.

Oleh karena itu, Gudeg Mbah Putri menggunakan bahan baku yang sehat, tanpa MSG, dan gluten free. Sebagai resto sehat, menu yang ditawarkan menggunakan 90 persen bahan baku lokal dan 10 persen bahan baku import yang diproduksi dengan higienis serta sehat.

Sebagian penyintas penyakit autoimun, Yeviani memastikan bahan yang digunakan tidak memakai gluten sehingga dinilai lebih sehat untuk tubuh.

Yeviani juga memastikan Gudeg Mbah Putri tidak menggunakannya 5P (pengawet, penyedap rasa buatan/MSG, pewarna, pemanis Buatan, dan pangan rekayasa genetika).

"Kami memakai resep bumbu dan rempah asli warisan Mbah Putri yang dimasak dalam waktu yang lama dengan suhu yang rendah, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga dan menciptakan cita rasa yang nikmat," terangnya.

Selain gudeg nangka, pecinta kuliner di Pekanbaru juga dapat menikmati gudeg telur, krecek, tempe tahu bacem, opor ayam kering Jawa, serta aneka menu lainnya di sini. Saat ini Gudeg Mbah Putri juga tersedia di Lantai 3 Mall Living World Pekanbaru.

Dalam rangka menyambut Hari Guru, Gudeg Mbah Putri juga memberikan diskon sebesar 10 persen untuk para guru selama 25-26 November. Tak hanya itu, bagi pembeli yang merupakan mahasiswa lulusan universitas di Yogyakarta juga mendapatkan promo serupa.