Satelit Terra Rekam Kemunculan 728 "Hotspot" Sumatera

id satelit terra, rekam kemunculan, 728 hotspot sumatera

Satelit Terra Rekam Kemunculan 728 "Hotspot" Sumatera

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satelit Terra merekam kemunculan 728 titik panas di daratan Pulau Sumatera pada Selasa sore dan terbanyak masih di Provinsi Riau dengan jumlah menembus angka 505 titik.

Data Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap yang diterima Antara menyebutkan "hotspot" Riau berada di seluruh wilayah kabupaten/kota.

Terbanyak berada di Kabupaten Indragiri Hilir yakni mencapai 104 titik, disusul Pelalawan dengan jumlah menembus angka 101 titik dan Bengkalis dengan 68 titik.

Titik panas juga terekam berada di Kabupaten Siak yakni 59 titik, Rokan Hilir ada 38 titik, dan di Kabupaten Indragiri Hulu menembus angka 32 titik.

Sementara itu di Kabupaten Kampar Satelit Terra mendeteksi 29 titik panas, begitu juga dengan Kota Dumai yang "memiliki" 29 titik panas.

Kemudian di Kabupaten Kepulauan Meranti 23 titik, Kuantan Singingi terdapat 14 titik dan di Kabupaten Rokan Hulu ada tujuh titik, dan yang paling sedikit di Pekanbaru, satu "hotspot".

Jumlah ini jauh meningkat dibandingkan sebelumnya dengan hasil pendeteksian satelit yang sama.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri mengatakan, pihaknya bersama tim terpadu telah menelusuri sebagian besar titik panas tersebut.

Ia mengakui di Riau masih terjadi kebakaran lahan, seperti di Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir serta Meranti.