Senam Hajar Serangan Fajar di Pekanbaru bersama KPK

id KPK,road show,antikorupsi,Kota Pekanbaru,Riau

Senam Hajar Serangan Fajar di Pekanbaru bersama KPK

Suasana Senam Hajar Serangan Fajar yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (24/9/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawali rangkaian kegiatanroad show di Riau, Ahad, dengan menggelar Senam Hajar Serangan Fajar bersama ratusan masyarakat setempat di kawasan Tugu Zapin, Kota Pekanbaru.

Inspektur Daerah Provinsi RiauSigit Juli Hendriawan, selaku perwakilan Pemerintah Provinsi Riau, menyambut baik kedatangan tim KPK di Bumi Lancang Kuning dan berharap acara tersebut dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait korupsi.

"Semoga dapat memberi edukasi pada masyarakat tentang bagaimana antisipasi serta tindakan antikorupsi di masyarakat," kata Sigitdi Kota Pekanbaru, Riau, Minggu.

Senam Hajar Serangan Fajar itu digelar dalam upaya menyosialisasikan Riau yang jujur, peduli, mandiri, dan disiplin. Dalam senam itu, instruktur senam memberi komando kepada warga peserta senam untuk kompak meneriakkan kata-kata menolak gratifikasi.

Provinsi Riau menjadi tuan rumah ketiga setelah Bengkulu dan Jambi untuk dikunjungi Bus RoadShow KPK. Kegiatan itu digealr hingga Rabu (27/9).

"Ada bazar dan sejumlah kegiatan lain di Kantor Gubernur mulai Senin hingga Rabu," kata Sigit.

Seorang warga Kota Pekanbaru, Manar (38), mengapresiasi kunjungan tim KPK. Manarmenilai Senam Hajar Serangan Fajar harus dimaknai bahwa masyarakat tidak boleh menerima segala bentuk suap dan gratifikasi.

Hal itu harus menjadi tekad sesuai hati nurani bahwa sejumlah pengalaman membuktikan bahwa korupsi sangat menyesatkan dan menyengsarakan rakyat.

"Karenaitu, kita harus memilih pemimpin dari hati dan melihat rekam jejak yang baik," kata Manar.

Turut hadir dalam senam bersama itu ialah Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Riau S. F.Hariyanto, Asisten II Setda Riau M. Job Kurniawan, Plt. Asisten III Setda Riau Aryadi, dan Kepala Dispora Riau Boby Rachmat.