Presiden Jokowi hari ini bertolak ke Pekalongan untuk buka Muktamar Sufi Internasional

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Presiden Jokowi hari ini bertolak ke Pekalongan untuk buka Muktamar Sufi Internasional

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Bandara Cakrabhuwana di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/8/2023) dan selanjutnya menuju Pekalongan, Jawa Tengah, untuk membuka Muktamar Sufi Internasional 2023. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden.)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak melakukan kunjungan kerja ke Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa, yang salah satu agendanya untuk membuka Muktamar Sufi Internasional 2023.

Dengan menggunakan pesawat khusus ATR 72-500, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Cakrabhuwana di Cirebon, Jawa Barat, Selasa, sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta.

Tampak menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Iriana di Bandara Cakrabhuwana yakni Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta istri, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus beserta istri, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, dan Danlanud Sugiri Sukarni Letkol Pnb. Supardo Butarbutar beserta istri.

Dari Kota Cirebon, Presiden Jokowi akan menuju Kota Pekalongan dengan menggunakan rangkaian kendaraan. Di Kota Pekalongan, Presiden Jokowi akan meresmikan pembukaan Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 yang digelar di Sahid International Convention Center..

Muktamar Sufi Internasional yang digelar pada 29 sampai 31 Agustus 2023 akan dihadiri oleh para tokoh ulama dan rektor universitas dari 64 negara. Kementerian Pertahanan RI, sebagai salah satu panitia, telah diperintah Presiden Jokowi untuk berkoordinasi dengan kementerian-kementerian lain agar acara Muktamar Sufi Internasional dapat berjalan dengan sukses.

Dalam keterangan sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjelaskan Muktamar Sufi Internasional 2023 mengangkat Tema "Karya Sufi Kontemporer dalam Dunia yang Dinamis", di mana akan membahas empat bidang, yakni pendidikan sufi dan pengaruhnya terhadap penyucian jiwa, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, industri media dan opini publik, serta peran penting tasawuf dalam membangun manusia dan mengembangkan peradaban

Di Pekalongan, Presiden Jokowi juga akan mengunjungi Pasar Grogolan untuk meninjau sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang pasar dan pedagang kaki lima. Presiden Jokowi direncanakan untuk bermalam di Kota Semarang dan melanjutkan kunjungan kerja Rabu (31/8).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Kota Cirebon, antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan operasionalisasi LRT Jabodebek

Baca juga: Presiden Jokowi sebut sistem di KPK bagus namun tetap perlu evaluasi