Siak bebaskan pajak rumah dan listrik bagi veteran

id Siak bebaskan pajak, bebaskan PBB, Veteran, listrik

Siak bebaskan pajak rumah dan listrik bagi veteran

Bupati Siak dan Forkopimda ysai menyerahkan sagu hati kepada dua veteran di Kabupaten Siak. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak membebaskan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) dan listrik rumah yang dihuni para anggotalegiun veteran daerah setempat sebagai perhatian nyata bagi para pejuang kemerdekaan tersebut.

"Perhatian yang kita berikan yaitu dengan membebaskan PBB, itu sudah masuk dalam peraturan bupati. Tinggal bagaimana veteran ini mengurusnya lagi. Tadi sudah saya sampaikan ke Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Siak," kata Bupati Siak, Alfedri, Rabu.

Selain itu, saat ini pihaknya juga berkemungkinan membebaskan listrik bagi veteran di Siak. Tapi saat ini pohaknya masih mencari cara bagaimana bisa membantu subsidi untuk veteran tesebut.

Baca juga: Kunjungi pejuang kemerdekaan, Danrem 031/WB : Hubungi saya bila perlu perhatian

Saat ini lanjutnya Pemkab Siak telah menyediakan gedung dan kendaraan bagi LVRI. Lalu memberikan sagu hati kepada veteran dia kali satu tahun yakni pada 17 Agustus dan 10 November senilai Rp1,5 juta.

"Tidak semua kabupaten di Riau ini bisa berikan fasilitas kepada veteran. Kita juga membantu fasilitasi sosialisasi nilao-nilai perjuangan 1945 yang dilakukan LVRI Siak dan juga Riau," ungkapnya.

Dikatakannya jumlah veteran di Siak ini hanya tinggal dua orang yakni Darmawi dan Paiman. Keduanya merupakan veteran yang berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

"Sebenarnya ada tiga, yang satu lagi sudah pindah kartu Tanda penduduknya. Tapi beliau masih terlihat di sini," ungkap bupati.

Salah satu veteran, Paiman mengatakan dirinya dari angkatan Darat dan setelah pensiun berdomisili di Rantau Panjang, Kecamatan Kotogasib, Siak. Dia mengaku berjuang di Provinsi Riau saat konfrontasi demgan Malaysia tahun 1965-1966.

"Satuannya di Arhanud 13 Pekanbaru, sudah keliling sampai ke Kepulauan Natuna. Saya pensiun laluvtinggal di Siak, umur sekarang 78 tahun," ujarnya.